ASN Bappeda Pontianak Dukung Program Vaksinasi Covid-19

By Administrator // Jumat, 05 Maret 2021 // 01:18 WIB // BAPPEDA Kota Pontianak

PONTIANAK - Aparatur Sipil Negara (ASN) di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Pontianak mendukung program vaksinasi Covid-19. Saat ini, nama-nama mereka sudah teregistrasi sebagai penerima vaksin di Puskesmas Kampung Bali dan masih menunggu tahapan vaksinasi berjalan.

"Saya sudah melakukannya (vaksinasi Covid-19," kata Kepala Bappeda Kota Pontianak, Amirullah dalam pertemuan rutin Dharma Wanita Bappeda Kota Pontianak dan Sosialisasi Vaksin Covid-19 di Aula Rohana Muthalib, Kantor Bappeda Kota Pontianak, Jumat (5/4/2021).

Amirullah menjelaskan, Indonesia merupakan salah satu negara yang terdepan dalam vaksinasi. Langkah ini diambil Pemerintah Pusat lantaran tak ada kepastian kapan pandemi Covid-19 yang sudah setahun sejak kasus pertama ditemukan di Indonesia, akan berakhir. Pemerintah Daerah pun mendukung penuh program tersebut.

Kepala Puskesmas Kampung Bali, drg Popong Solihat dalam sosialisasi vaksinasi Covid-19 tersebut mengatakan vaksinasi saat ini seperti proses imunisasi balita. Yakni dengan memasukkan virus yang dilemahkan untuk menimbulkan kekebalan tubuh manusia.

"Tujuannya, menurunkan kesakitan dan kematian, melindungi sisi kesehatan secara menyeluruh (dalam teori 70 persen masyarakat divaksin akan meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat), dan menjaga produktivitas," kata drg Popong yang juga anggota Dharma Wanita Bappeda Kota Pontianak tersebut.

Dia menjelaskan, proses vaksinasi dilakukan bertahap karena distribusi dari pusat ke daerah dibatasi. Sehingga dibuat skala prioritas dari tingkat paling rentan.

"Sebelum divaksin akan ada screening kelayakan peserta vaksinasi. Setelah vaksin diminta menunggu 30 menit untuk melihat adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Dan vaksin ini harus dua kali, tidak bisa sekali," tutupnya.

Share Post: