Pelantikan dan Pengukuhan Penguros RUMPON (Rumah Komunitas) di Aula Bappeda oleh Walikota Pontianak

By Administrator // Kamis, 14 November 2019 // 09:42 WIB // Bidang Litbang

Keberhasilan pelaksanaan Pembangunan Masyarakat sangat tergantung kepada peranan Pemerintah dan masyarakat. Keduanya harus mampu menciptakan sinergi. Tanpa melibatkan masyarakat , pemerintah tidak akan dapat mencapai hasil pembangunan yang Optimal. Selain memerlukan keterlibatan masyarakat , pembangunan juga membutuhkan strategi yang tepat agar dapat lebih efisien dari segi pembiayaan dan efektif dari segi hasil sehingga perlu pemilihan strategi yang tepat agar dapat lebih efisien dari segi hasil. Pemilihan strategi ini penting karena akan menentukan dimana peran pemerintah dan dimana pula  peran masyarakat, sehingga kedua pihak mampu berperan secara optimal dan sinergis. Keterlibatan masyarakat luas merupakan kunci yang sangat penting dalam keberhasilan pelaksanaan Pembangunan di Kota Pontianak.

Mencermati situasi dan kondisi di Kota Pontianak dengan kemajemukan Masyarakat dan keanekaragaman aktifitas masyarakat yang telah berkelompok / berorganisasi maka dipandang perlu didata dan diberdayakan dalam proses perencanaan Pembangunan di Kota Pontianak serta menggali potensi yang telah mereka lakukan guna mensinergikan kegiatan dengan Program Kegiatan yang ada di Pemerintah Kota Pontianak, maka perlu adanya suatu wadah untuk menampung semua ide dan dapat pula sebagai bahan kajian dalam proses pelaksanaan Program kegiatan yang akan dilakukan ke depannya.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas Bappeda Kota Pontianak menginisiasi bersama dengan beberapa Masyarakat yang sudah banyak berkecimpung mengikuti atau melaksanakan program – program di Pemerintahan selama ini untuk melakukan indentifikasi Komunitas yang sudah sering melakukan aktifitas positif guna mengembangkan Sumber Daya masyarakat di Kota Pontianak dari berbagai segmen. 

Perkembangan Komunitas di Kota Pontianak sudah semakin menjamur dari berbagai segmen  sehingga hal ini merupakan peluang besar bagi Kota Pontianak, khususnya  Bappeda serta Bidang Penelitian dan Pengembangan dalam melakukan Program Kegiatannya serta Bidang lainnya  dalam memperoleh suatu model Pelaksanaan Program yang teruji  yang akan melakukan Perencanaan serta dapat  memperoleh Informasi / data yang Up to Date  nantinya.

Masyarakat yang militan dan Konsen dalam melakukan aktifitas yang benar – benar  tanpa Pamrih mengaplikasikan hidupnya dalam melakukan Pelayanan kepada masyarakat yang mungkin belum terjamah Pemerintah karena segala keterbatasan dari SDM maupun anggaran dapat di lakukan para Komunitas.

Untuk dapat memahami hakekat dari pengembangan Komunitas, dimana Pemerintah dan  masyarakat  mampu berperan sebagai subyek dalam memperbaiki kondisi pengembangan Komunitas atau hidupnya sendiri. Pengembangan Rumah komunitas Kota Pontianak yang terbentuk di petakan menjadi 5 Sektor antara lain :

  1. Sektor Pendidikan
  2. Sektor Lingkungan Hidup
  3. Olah Raga dan Hoby
  4. Pariwisata, Ekonomi kreatif, Budaya
  5. Lainnya yang dapat dikelompok satu Rumpon.

Pengembangan Komunitas dengan mempersyaratkan partisipasi semua pihak  yang berkepentingan, dan antara pihak - pihak tersebut dibangun kerjasama yang demokratis, Keadilan yang merata bagi Setiap pihak yang terlibat, tentunya masing – Komunitas memiliki Kepentingan – kepentingan sehingga perlu adanya kerjasama yang baik. Komunitas tersebut melaksanakan pemilihan pengurus RUMPON pada hari Kamis 14 Nopember 2019 dan kemudian dilantik/dikukuhkan oleh Walikota Pontianak secara langsung.

Share Post: