Peranan Statistik dan Pelaporan dalam Perencanaan Pembangunan

By Administrator // Senin, 02 November 2015 // 09:40 WIB // ADP4MEP

Bappeda Kota Pontianak memiliki peran  strategis  sebagai perencana  serta melaksanakan kajian  terhadap pelaksanaan pembangunan dimasa sekarang dan akan datang. Di dalam  mendukung perannya sebagai perencana, Bappeda Kota Pontianak memerlukan data dan informasi yang akurat serta terkini untuk menghasilkan perencanaan pembangunan yang baik sebagai dasar pengambilan keputusan maupun kebijakan pembangunan.

 

Data  dan informasi menurut pemanfaatannya dibagi menjadi  data dasar, data sektoral dan data khusus.  Data dasar ditujukan untuk keperluan yang bersifat lebih luas baik untuk pemerintah maupun masyarakat. Data yang disajikan memiliki kandungan lintas sektoral, berskala makro dan penyelenggaraannya menjadi tanggung jawab Badan Pusat Statistik.

 

Data Sektoral pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan.  Penyedia data dan informasinya adalah satuan perangkat kerja daerah di lingkungan pemerintah daerah dan Lembaga Negara.

 

Data khusus merupakan data dan informasi untuk memenuhi kebutuhan khusus dunia usaha diselenggarakan oleh lembaga, organisasi, perorangan atau unsur masyarakat.

 

Selain sebagai perencana, Bappeda juga memiliki tugas pokok  dan fungsi untuk melakukan pengendalian dan evaluasi terhadap pelaksanaan perencanaan yang dilakukan. Keberadaaan fungsi ini akan memberikan informasi kepada Pemerintah tentang capaian pembangunan yang terjadi , permasalahan yang dihadapi selama melaksanakan pembangunan dan solusi yang  dapat diambil dalam  memecahkan permasalahan tersebut. Hal ini akan menjadi informasi juga bagi Pemerintah dalam mengambil kebijakan perencanaan pembangunan selanjutnya.

 

Pelaksanaan fungsi Bappeda sebagai pengendali dan pelaporan serta penyajian data tersebut berada di Bidang  Statistik dan Pelaporan.  Bidang statistik dan pelaporan ini sesuai dengan fungsinya dapat menyediakan data dan informasi sektoral kepada pengguna selain  melaksanakan fungsi pengendalian dan pelaporan.

 

Untuk mendukung tugas dan fungsinya , maka  Bidang Statistik dan Pelaporan melaksanakan beberapa kegiatan pembangunan. Beberapa kegiatan tersebut adalah :

 

  1. Up Dating Data Dasar Perencanaan Pembangunan

Merupakan kegiatan menghimpun data dan informasi sektoral dari satuan kerja perangkat daerah yang ada di jajaran Pemerintah Kota Pontianak, untuk disajikan sebagai bank data atau Pusat Data Perencanaan dan Pengendalian Pembangunan Daerah (PDP3D). Pusat data ini menyajikan data dasar dan informasi terbaru diberbagai bidang dan sektor pembangunan sehingga proses perencanaan dan pengendalian pembangunan menjadi semakin baik. Data dan informasi ini meliputi data di sektor ekonomi, sumber daya manusia, sarana prasarana masyarakat dan peran serta masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan secara terus menerus mengingat data dasar  pembangunan merupakan data bergerak yang dapat berubah sewaktu waktu. Perubahan ini disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya seperti perpindahan penduduk, investasi yang terjadi, kebijakan Pemerintah dan sebagainya .

 

  1. Penyusunan Profil Kota Pontianak.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk menyajikan data dan informasi terhadap kondisi, potensi dan peluang pengembangan kota. Produk yang dihasilkan dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada semua pihak yang membutuhkan sebagai referensi dalam menganalisa peluang bagi pengembangan dunia usaha, wisata maupun pembangunan sector lainnya.

 

  1. Evaluasi Pelaksanaan Program Pembangunan Tahunan

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Pembangunan pada tahun berjalan. Montoring dan evaluasi yang dilakukan setiap triwulanan ini bertujuan  untuk mengetahui apakah pelaksanaan program pembangunan yang sedang berjalan telah sesuai dengan yang direncanakan, melalui mekanisme yang benar dan baik sesuai dengan tujuan kegiatan maupun pencapaian indikator program .

 

  1. Penyusunan LKPJ Walikota Pontianak

Dari evaluasi  terhadap tahun berjalan yang dilakukan maka dihasilkan gambaran capaian kinerja pembangunan. Pencapaian yang dibiayai melalui anggaran pendapatan belanja  daerah tersebut harus dipertanggung jawabkan setiap tahunnya. Dan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) merupakan salah satu bentuk pertanggung jawaban Walikota Pontianak kepada Masayarakat yang disampaikan pada sidang paripurna DPRD Kota Pontianak. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menyusun Lampiran Keterangan Pertanggungjawaban Walikota Pontianak dan Pidato Keterangan Pertanggungjawaban Walikota Pontianak. Penyampaian pertanggungjawaban Kepala Daerah ini disampaikan paling lambat 3 (tiga) bulan setelah tahun anggaran berakhir.

 

  1. Sistim Informasi Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Pembangunan Kota Pontianak

Sistim Informasi Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Kota Pontianak atau dikenal dengan SIMEKBANG merupakan salah satu sistim informasi berbasis tekhnologi informasi yang dikembangkan oleh Bappeda Kota Pontianak.

Tujuan dikembangkannya system ini adalah untuk transparansi pelaksanaan pembangunan kepada masyarakat luas. Dimana dengan keberadaan system ini masyarakat dapat mengetahui pelaksanaan pembangunan yang di laksanakan oleh Pemerintah Kota Pontianak baik dimasa lalu maupun yang sedang berjalan.  Pengembangan sistem ini sesuai dengan misi pemerintah kota Pontianak dalam menerapkan prinsip – prinsip good governance. Sistem informasi Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Pembangunan atau SIMEKBANG dapat diakses secara luas di www.simekbang.pontianakkota.go.id.

Share Post: