Smart City Pontianak untuk Layanan Prima

By Administrator // Rabu, 10 November 2021 // 10:56 WIB // Kota Pontianak

PONTIANAK - Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menerangkan penerapan smart city merupakan bentuk layanan prima kepada masyarakat dan tata kelola pemerintahan. Pembangunan insfrastrukturnya dimulai dari Pontive Center yang jadi pusat data pemerintah.

"Pemkot Pontianak telah mengembangkan berbagai aplikasi, baik dalam pelayanan publik maupun tata kelola pemerintahan, dan menetapkan konsep smart city secara luas," katanya dalam Wawancara dan Diskusi Kota Riset dan Rating Transformasi Digital dan Kota Cerdas 2021 yang dikoordinir Bappeda Kota Pontianak, di Pontive Center, Rabu (10/11/2021).

Selain penerapan smart goverment, Pemkot Pontianak gencar memperluas Ruang Terbuka Hijau yang menjadi bagian dari implementasi smart living. Di smart economy, Pemkot menyediakan akses marketplace, smart society melalui kegiatan-kegiatan berbasis sosial kemasyarakatan dan smart environment melalui penyediaan bank-bank sampah dalam pengelolaan sampah menjadi bermanfaat.

"Banyak aktivitas-aktivitas dan program kita dalam hal memberikan pelayanan berbasis digital," ungkapnya.

Diskusi Kota merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan selama pelaksanaan Riset dan Rating Transformasi Digital dan Kota Cerdas 2021 yang dilaksanakan melalui sesi webinar dengan Walikota/ Wakil Walikota. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan memberikan gambaran sejauh mana kota-kota di Indonesia dalam mengembangkan kotanya menuju smart city.

Setelah paparan dari Wali Kota, akan dilanjutkan dengan FGD OPD (Focus Group Discussion Organisasi Perangkat Daerah). FGD merupakan sesi kegiatan yang dilakukan antara moderator mengajukan pertanyaan atau topik diskusi yang selanjutnya ditanggapi oleh personel-personel organisasi perangkat daerah yang hadir dengan tujuan pengambilan sampel riset.

Share Post: