Company Logo

Sistem Informasi

Internal Link

Headlines

Liputan Khusus: Walikota Pontianak Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2014 Dihadapan Rapat Paripurna DPRD Kota Pontianak

7 April 2015

 


Pada Senin (6/4) dihadapan Rapat Paripurna DPRD Kota Pontianak, Walikota Pontianak menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2014. Dalam rapat paripurna yang dihadiri segenap anggota dewan, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) , serta unsur SKPD Kota Pontianak, Walikota Pontianak Sutarmidji menyampaikan pidato pengantar LKPJ TA 2014.

 

Dalam pidatonya Sutarmidji menyampaikan bahwa “LKPJ pada hakikatnya merupakan laporan kemajuan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pelaksanaan pembangunan, yang mencakup penyelenggaraan Urusan Desentralisasi; Tugas Pembantuan dan Tugas Umum Pemerintahan selama satu tahun anggaran. LKPJ Tahun Anggaran 2014 ini merupakan laporan kondisi pelaksanaan pemerintah tahun pertama untuk periode pemerintahan masa bhakti tahun 2014-2018”.


Read more: Liputan...

Membedah RPJMN 2015-2019: Agenda Pembangunan Wilayah

27 April 2015


Sesuai dengan ketentuan Undang-Undang No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Presiden RI terpilih Joko Widodo telah menetapkan Peraturan Presiden No. 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional yang memuat arah kebijakan, target serta strategi pembangunan nasional tahun 2015-2019. Di dalam dokumen rencana tersebut juga memuat indikator-indikator pembangunan beserta sasarannya berdasarkan exercise  pagu indikatof jangka menengah.

 

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019 adalah tahapan ketiga dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2005-2025 yang telah ditetapkan melalui Undang-undang Nomor 17 Tahun 2007. Dengan berpayung kepada RPJP tadi, RPJMN 2015-2019, disusun sebagai penjabaran dari Visi, Misi, dan Agenda (Nawa Cita) Presiden/Wakil Presiden, Joko Widodo dan Muhammad Jusuf Kalla, dengan menggunakan Rancangan Teknokratik yang telah disusun Bappenas dan berpedoman pada RPJPN 2005-2025.


Read more: Membedah...

Peringatan Hari Bumi: Kecamatan Pontianak Utara Dicanangkan Menjadi Kawasan Bersih

 

23 April 2015

 

Kota-kota di seluruh dunia memperingati Hari Bumi setiap tahunnya pada tanggal 22 April. Peringatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran manusia agar lebih perduli terhadap  bumi yang ditinggalinya ini. Di Indonesia, hari bumi diperingati dengan berbagai cara yang berbeda.

 

Kota Pontianak menyikapinya dengan mencanangkan suatu komitmen bersama segenap elemen masyarakat dan pemerintah daerah untuk menjadikan Kota Pontianak yang bersih, Indah dan nyaman untuk ditinggali. Yang mana komitmen itu dimulai dari Kecamatan Pontianak Utara.

 

Read more: Peringatan...

Indonesia Water and Wastewater Expo & Forum: Kota Pontianak Raih PERPAMSI Award untuk Infrastruktur Air Bersih

22 April 2015

 

Indonesia Water and Wastewater Expo & Forum (IWWEF) kembali digelar pada 21-23 April 2015. Ajang dua tahunan ini dibuka secara resmi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, di Hotel Bidakara, Jakarta. IWWEF 2015 menjadi ajang strategis bagi para pihak di bidang air minum dan air limbah di Indonesia dengan mempertemukan para praktisi air minum dan sanitasi, profesional, dunia usaha, dan para pemangku kepentingan di pemerintahan baik pusat maupun daerah.

 

Dalam sambutannya, Basuki menjelaskan tentang target “100-0-100” yang merupakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Tujuan program ini adalah menyediakan 100 persen akses aman air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak bagi masyarakat pada 2019 mendatang. Saat ini PDAM yang memiliki kinerja sehat baru mencapai 51%, dan tingkat kehilangan air secara nasional sebesar 33%. Permasalahan lain yang dihadapi adalah kebutuhan air baku yang diperkirakan sebesar 128.000 liter/detik, namun disisi lain masih terdapat idle capacity yang dapat dimanfaatkan sebesar 38.000 liter/detik. Kendala-kendala tersebut adalah tantangan bagi kita semua agar hak masyarakat atas air dapat terpenuhi.


Read more: Indonesia...

Indonesia Marketeers Festival: Walikota Pontianak Dinobatkan sebagai Marketeer of The Years 2015

17 April 2015


Tidak mau kalah dengan kota sebelumnya, yakni Banda Aceh, Medan, dan Padang, Kota Pontianak juga menampilkan para pemasar andalnya dalam acara Marketeer of the Year Pontianak 2015. Penganugerahan Marketeer of the Year Pontianak 2015 merupakan bagian dari rangkaian Astra Indonesia Marketeers Festival 2015. Festival yang diprakarsai oleh Hermawan Kartajaya, Founder & CEO MarkPlus, Inc ini, memberikan penganugerahan kepada para pemasar andal di setiap kota terpilih, termasuk Pontianak.

 

Hari pertama Astra IMF 2015 di Pontianak, telah dibuka oleh Kapolda Kalimantan Barat, Brigjen Arief Sulistyanto. Dalam sambutannya, Brigjen Arief mengatakan bahwa Polri berkomitmen untuk bebas dari praktek korupsi dan pungli. Polri harus zero korupsi, zeropungli," tegas Kapolda yang sedang menjadi buah bibir masyarakat Pontianak karena berhasil menangkap tersangka kasus yang telah 6 tahun mengambang, Kamis, (16/4/).


Read more: Indonesia...

Liputan Khusus: Musrenbang Provinsi Kalbar: 'Mewujudkan Kemandirian Pangan Melalui Sinergitas Sektor-sektor Pembangunan'

15 April 2015

 

Keinginan masyarakat Kalbar memiliki jalan mulus, khususnya yang menghubungkan antar wilayah Tayan dan Sosok bakal segera terwujud. Pemerintah Pusat telah berkomitmen memperbaiki ruas jalan yang selama ini kondisinya cukup memprihatinkan tersebut. Tak hanya ruas Tayan-Sosok, jalan di sepanjang perbatasan juga akan dibenahi, begitupula dengan mimpi masyarakat Kalbar memiliki pelabuhan baru di Mempawah.

 

“Semuanya akan terbangun sesiai dengan rencana Pemerintah”, Kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala BAPPENAS, Andrinof A Chaniago, Selasa (14/4). Penegasan tersebut disampaikan Andrinof saat menanggapi keinginan Gubernur Kalbar, Cornelis pada saat acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang RKPD) Provinsi Kalbar tahun 2016 di Hotel Kapuas Palace Pontianak.

 

Read more: Liputan...

Kunjungan Menteri PAN: MenPAN Puji Pelayanan Publik Pemerintah Kota Pontianak


15 April 2015


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi menilai pelayanan perijinan di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BP2T) Kota Pontianak sudah baik.


“Sangat membanggakan, Kota Pontianak dibandingkan ratusan kota lain mempunyai inovasi, transparan, akuntabel dan tingkat kepuasan yang memadai. Dari banyaknya antrean tadi, ada sekitar 15 orang mengaku tidak ada masalah dengan perijinan di Kota Pontianak,” ujar Yuddy.


“itu saya buktikan, dari belasan masyarakat yang mengurus perijinan di BP2T Kota Pontianak, ketika saya tanya semuanya menyatakan tidak ada keluhan. Dalam antrean di BPO2T tadi setiap orang yang saya tanya mereka menjawab tidak ada masalah, itu menunjukkan bahwa pelayanan publik sudah berjalan dengan baik dan harus terus ditingkatkan lagi”, lanjut Menteri. Hal tersbut disampaikan dalam rangkaian kunjungan kerja Menteri PAB dan RB ke Kalbar.


Read more: Kunjungan...

Membedah RPJMN 2015-2019: Agenda Pembangunan Nasional dan Agenda Pembangunan Bidang Lima Tahun Mendatang

31 Maret 2015

 

 

PENDAHULUAN

Sesuai dengan ketentuan Undang-Undang No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Presiden RI terpilih Joko Widodo telah menetapkan Peraturan Presiden No. 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional yang memuat arah kebijakan, target serta strategi pembangunan nasional tahun 2015-2019. Di dalam dokumen rencana tersebut juga memuat indikator-indikator pembangunan beserta sasarannya berdasarkan exercise  pagu indikatof jangka menengah.

 

RPJMN tersebut disusun dalam tiga buku yang terdiri dari: Buku I berisikan Agenda Pembangunan Nasional, Buku II berisi Agenda Pembangunan Bidang, serta Buku III berisikan Agenda Pembangunan Wilayah. Artikel ini akan berupa mengupas secara umum substansi dari buku I dan II dalam rangka untuk memberikan gambaran kepada pembaca rencana pembangunan di wilayah Kalbar dan Pontianak dalam lima tahun mendatang.


Read more: Membedah...

Menggagas Kota Masa Depan Indonesia: Kota Berkelanjutan dan Berdayasaing untuk Kesejahteraan Masyarakat

30 Maret 2015


Membaca judul artikel ini, mungkin sebagian besar pembaca akan mengernyitkan alis dan lantas berpendapat skeptis. Terlalu jauh menghayal, ibarat mimpi di siang bolong dan lantas melewati artikel ini. Hal itulah yang saya yakin serta merta terbersit di pikiran sebagian besar pembaca. Tapi sama besar juga keyakinan saya, ada sebagian kecil pembaca yang tergelitik rasa ingin tahunya dan optimis hal tersebut bisa diwujudkan dan lantas meneruskan membaca artikel ini.

 

Pembaca yang telah sampai membaca paragrap kedua artikel inilah, yang dengan pede saya kategorikan kelompok yang sebagian kecil lain itu. Sebetulnya saat memulai tulisan ini, jujur rasa skeptis tersebut hadir di dalam hati saya yang terdalam. Keraguan akan hal tersebut tak pelak berasal dari realita yang kerapkali ditemuai dalam perjalanan sebagai orang yang berkecimpung di dunia perencanaan tata ruang. Betapa seringkali konsep yang luarbiasa bagusnya hanya berakhir di atas meja, berdebu, terbentur oleh tembok “rumit” kebijakan dan berlikunya “birokrasi”.


Read more: Menggagas...

Wakil Gubernur Kalbar Buka Musrenbang Kota Pontianak

26 Maret 2015




BAPPEDA Kota Pontianak pada Rabu (25/3/2015) menyelenggarakan Musrenbang dalam rangkaian proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Pontianak (RKPD) untuk Tahun Anggaran 2016. Acara tersebut dilaksanakan di aula rumah jabatan Wali Kota Pontianak Jl Abdurahman Saleh.

 

Musrenbang tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalbar, Christiandy Sanjaya beserta beberapa unsur jajaran Pemerintah Provinsi Kalbar. Kehadiran Wagub dalam acara tersebut merupakan rangkaian perjalanan dalam menghadiri Musrenbang di wilayah provinsi Kalimantan Barat.



Read more: Wakil...

SINDO Weekly Government Award: Kota Pontianak Terbaik dalam Bidang Infrastruktur

20 Maret 2015


Majalah SINDO Weekly memberikan penghargaan, terhadap daerah-daerah yang berhasil mendapatkan prestasi dalam berbagai sektor dalam SINDO Weekly Goverment Award 2015.

Goverment Award 2015 kali ini, menyediakan penghargaan 17 kategori, seperti, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi kreatif, peduli lingkungan, investasi, layanan publik, pariwisata, perempuan dan anak, tata kelola pemerintahan, keamanan dan toleransi, kreativitas peningkatan PAD, pemuda dan olahraga, ketahanan pangan, pertumbuhan ekonomi, UMKM dan koperasi, dan heritage.


Read more: SINDO...

BAPPEDA Pontianak Selenggarakan Forum Gabungan SKPD

16 Maret 2015



Sebagai rangkain proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Pontianak (RKPD) untuk Tahun Anggaran 2016,  BAPPEDA Kota Pntianak Forum Gabungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Acara dilaksanakan di aula rumah jabatan Wali Kota Pontianak Jl Abdurahman Saleh pukul 08.00 WIB, Kamis (12/3/2015).

 

Kegiatan yang di buka Wali Kota Pontianak, Sutarmidji ini merupakan lanjutan Musrenbang yang sebelumnya telah dilaksanakan di tingkat kelurahan dan kecamatan se-Kota Pontianak. Hadir dalam forum gabungan SKPD ini delegasi kecamatan, universitas, organisasi dan lembaga masyarakat, unsur teknis SKPD terkait, unsur kelurahan, perwakilan DPRD kota dan serta tokoh-tokoh masyarakat.



Read more: BAPPEDA...

Inflasi Februari 2015 Kota Pontianak Terendah Dalam Lima Tahun Terakhir

9 Maret 2015


Jumat, 6 Maret 2015, High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kota Pontianak secara resmi dibuka dan dipimpin oleh Walikota Pontianak. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Barat, Perwakilan dari Perum Bulog Sub Devisi Regional Pontianak, Sekretaris Daerah Kota Pontianak selaku ketua TPID Kota Pontianak beserta anggota dan Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak.

 

Dalam paparannya Kepala KPW Bank Indonesia menyampaikan bahwa inflasi Kota Pontianak Bulan Februari 2015 sebagaimana dirilis oleh Badan Pusat Statistik tercatat sebesar 0,43% (mtm) jauh lebih rendah dari realisasi inflasi bulan sebelumnya yang mencapai 1,19% (mtm), serta rata-rata inflasi historis pada 2010-2014 sebesar 1,38% (mtm).


Read more: Inflasi...

Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan: Pontianak Raih 2 besar Nasional Kategori Kota Besar dengan Udara Terbersih

23 Feb 2015

Kementerian Lingkungan Hidup bersama Kementerian Kehutanan melalui Program Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) telah menghasilkan rekomendasi perbaikan kebijakan, strategi dan rencana aksi pengelolaan kualitas udara bagi tiap kota. Melalui kegiatan EKUP, tiap kota akan memiliki data dan informasi mengenai kualitas udara ambien dan kualitas emisi kendaraan bermotor di wilayahnya. Tiap kota juga akan mengetahui kondisi kualitas udaranya relatif terhadap kota-kota lain. Hal ini diyakini dapat memacu semangat kota untuk menjadi lebih baik.

Lingkup kegiatan dalam EKUP yang dilangsungkan antara bulan Maret sampai Oktober 2014 ini antara lain meliputi uji emisi kendaraan bermotor selama 3 dari yang dilakukan terhadap 500 kendaraan pribadi per hari di tiap kota. Kegiatan lainnya adalah pemantauan kualitas udara jalan raya (roadside monitoring) dan penghitungan kinerja lalu lintas (kecepatan lalu lintas dan kerapatan kendaraan di jalan raya) yang dilakukan secara serentak di 3 (tiga) ruas jalan arteri yang dipilih bersama dan dianggap mewakili suatu kota.

Read more: Evaluasi...

Sistem Inovasi Daerah (SIDa): Langkah Awal Menuju Inovasi yang Melembaga


11 Feb 2015


I. PENDAHULUAN

Masalah pokok dalam pembangunan daerah adalah terletak pada penekanan terhadap kebijakan-kebijakan pembangunan yang berdasarkan pada kekhasan daerah yang bersangkutan (endogenous development) dengan menggunakan potensi sumberdaya manusia, kelembagaan, dan sumberdaya fisik secara lokal (daerah). Orientasi ini mengarahkan kita kepada pengambilan inisiatif-inisiatif yang berasal dari daerah tersebut

dalam proses pembangunan untuk menciptakan kesempatan kerja baru dan merangsang kegiatan ekonomi.

Read more: Sistem...

Sosialisasi Penyusunan Roadmap SIDa

09 Feb 2015


Bidang Penelitian dan Pengembangan BAPPEDA Kota Pontianak pada Jumat (6/02) melaksanakan Sosialisasi dan dilanjutkan dengan Focus Group Discussion dalam rangka penyusunan Roadmap Sistem Inovasi Daerah (SIDa). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Rohana Muthalib BAPPEDA Kota Pontianak dengan dibuka langsung oleh Kepala BAPPEDA Kota Pontianak Ir. H, Uray Indra Mulya, MM.


Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh staf ahli bidang Pembangunan dan Pemerintahan Kota Pontianak, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Kepala Kantor Ketahanan Pangan, Sekretaris Dinas Pendidikan, Sekretaris Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM, perwakilan Kantor Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalbar, serta unsur-unsur dinas terkait. Hadir pula sebagai pemateri dalam acara sosialisasi tersebut Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Barat, dan Peneliti pada Kantor Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat.


Read more: Sosialisas...

Berita Perekonomian: INFLASI BULAN JANUARI 2015 DI KOTA PONTIANAK CAPAI 1,19%

03 Feb 2015

Berdasarkan rilis BPS Provinsi Kalimantan Barat tanggal 2 februari 2015, diberitakan bahwa di kota Pontianak pada Januari 2015 terjadi inflasi 1,91 persen atau terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 122,22 pada Desember 2014 menjadi 123,67 pada Januari 2015. Tingkat inflasi tahun kalender Januari 2015 sebesar 1,91 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (Januari 2015 terhadap Januari 2014) sebesar 10,64 persen.

Inflasi terjadi karena adanya kenaikan indeks pada 6 (enam) kelompok pengeluaran dan penurunan indeks pada 1 (satu) kelompok pengeluaran. . Kelompok bahan makanan mengalami kenaikan indeks sebesar 6,69 persen; kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau 1,37 persen; kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar 2,51 persen; kelompok sandang 0,41 persen; kelompok kesehatan 0,44 persen; kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga 0,15 persen, sedangkan kelompok tranpor, komunikasi dan jasa keuangan mengalami penurunan indeks sebesar -6,05 persen.


Read more: Berita...

APBD Tahun Anggaran 2015 Diharapkan Pacu Pertumbuhan Ekonomi dan Reduksi Angka Kemiskinan Kota Pontianak

02 Feb 2015


Setelah mengalami beberapa kendala dalam penyusunannya, akhirnya melalui Peraturan Daerah Kota Pontianak Nomor 1 Tahun 2014 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Pontianak Tahun Anggaran 2015 (Lembaran Daerah Kota Pontianak Tahun 2014 Nomor 11) dan kemudian didetilkan lebih lanjut melalui Peraturan Walikota Nomor 59 Tahun 2014 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Pontianak Tahun Anggaran 2015 (Berita Daerah Kota Pontianak Tahun 2014 Nomor 59).

APBD kali ini merupakan APBD pertama yang disusun dalam kerangka kebijakan Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) tahun 2015-2019 melalui Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Pontianak Tahun 2015. Sesuai dengan arah kebijakan yang telah disusun, skenario RKPD tahun pertama pelaksanaan RPJM 2015-2019 ini ditujukan untuk menyiapkan/meletakkan pondasi dasar pembangunan yang kokoh untuk tahapan pembangunan selanjutnya. Adapun Fokus Pembangunan yang direncanakan untuk tahun 2015 ini adalah :


Read more: APBD...

Penandatangan Perjanjian Kinerja: Harapkan Kinerja Lebih Baik Sesuai Dengan Aturan

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji mengingatkan seluruh jajaran di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak supaya dalam tata kelola pemerintahan dari sisi administrasi maupun pertanggungjawaban keuangan tidak ada lagi kegiatan-kegiatan yang bersifat fiktif maupun mark-up. Selain itu, kualitas pekerjaan maupun barang harus sesuai dengan spesifikasi dengan memperhatikan semuanya sesuai dengan aturan. Kalau mau nyaman kerja, mau nyaman tidur, lakukan pekerjaan sesuai dengan aturan. Itu saja pegangannya, ujarnya saat penandatanganan perjanjian kinerja antara Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan Wali Kota, Kamis (29/1) di Aula Sultan Syarif Abdurrahman (SSA) Kantor Wali Kota.

Penandatanganan perjanjian kinerja ini rutin dilakukan setiap tahunnya mengawali penyelenggaraan dan pelaksanaan APBD. Dengan ditandatanganinya perjanjian kinerja ini, Sutarmidji berharap ada suatu progres semakin tahun semakin baik dalam tata kelola pemerintahan dari sisi administrasi maupun pertanggungjawaban keuangan. Saya minta mereka tidak membuat kesalahan-kesalahan dalam tata kelola keuangan daerah, tuturnya.


Read more: Penandatan...

APBD: Konsep dan Proses Penyusunannya

Pendahuluan

Secara garis besar APBD merupakan dasar pengelolaan keuangan daerah dalam satu tahun anggaran. APBD merupakan rencana pelaksanaan semua Pendapatan Daerah dan semua Belanja Daerah dalam rangka pelaksanaan Desentralisasi dalam tahun anggaran tertentu. Pemungutan semua penerimaan Daerah bertujuan untuk memenuhi target yang ditetapkan dalam APBD. Demikian pula semua pengeluaran daerah dan ikatan yang membebani daerah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi dilakukan sesuai jumlah dan sasaran yang ditetapkan dalam APBD. Karena APBD merupakan dasar pengelolaan keuangan daerah, maka APBD menjadi dasar pula bagi kegiatan pengendalian, pemeriksaan dan pengawasan keuangan daerah.

APBD disusun dengan pendekatan kinerja yaitu suatu sistem anggaran yang mengutamakan upaya pencapaian hasil kerja atau output dari perencanaan alokasi biaya atau input yang ditetapkan. Jumlah pendapatan yang dianggarkan dalam APBD merupakan perkiraan yang terukur secara rasional yang dapat tercapai untuk setiap sumber pendapatan. Pendapatan dapat direalisasikan melebihi jumlah anggaran yang telah ditetapkan.


Read more: APBD:...




Bappeda Kota Pontianak | Jl. Zainuddin no. 5 telp (0561) 734294 - 733045 - 733045 | e-mail : bappeda@pontianakkota.go.id