Company Logo

Sistem Informasi

Internal Link

Bidang Statistik dan Pelaporan

Profil Bidang Statistik & Pelaporan

 

Bappeda sebagai Perencanaan Pembangunan Daerah, dimana perencanaan merupakan proses pemilihan alternatif menentukan tindakan setelah melihat berbagai opsi dalam mencapai tujuan, baik jangka pendek, jangka menengah ataupun jangka panjang. Didalam melakukan pembangunan, diperlukan perencanaan yang handal serta diharapkan dapat melakukan evaluasi terhadap pembangunan yang dilakukannya. Seiring dengan semakin pesatnya pembangunan maka diperlukan data-data yang akurat, dimana Bidang Statistik dan Pelaporan memiliki peranan penting dalam pendataan tersebut sesuai dengan tugas dan fungsinya yang tertuang dalam Peraturan Walikota Nomor 30 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Pontianak.

 

Bidang Statistik dan Pelaporan merupakan salah satu dari enam bidang yang ada di Bappeda Kota Pontianak, dengan sub bagiannya meliputi sub bagian statistik dan sub bagian pelaporan.


(silakan klik gambar untuk memperbesar)



Struktur Organisasi Bidang Statistik & Pelaporan

BAPPEDA Kota Pontianak

 


 


Kepala Bidang Statistik Pelaporan


Tugas Pokok :

Tugas pokok Kepala Bidang Statistik Pelaporan adalah menyiapkan bahan dan merumuskan kebijakan, pemberian dukungan, pembinaan teknis, pelaporan dan evaluasi di bidang statistik pelaporan.

 

Fungsi :

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana tersebut di atas Kepala Bidang Statistik mempunyai fungsi  :

  1. Pelaksanaan koordinasi perencanaan bidang statistik pelaporan;
  2. Penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis di bidang statistik pelaporan;
  3. Penyusunan rencana kerja di bidang statistik pelaporan;
  4. Pelaksanaan pembinaan teknis di bidang statistik pelaporan;
  5. Penyelenggaraan kegiatan pemberian dukungan di bidang statistik pelaporan;
  6. Penyiapan bahan laporan pelaksanaan tugas di bidang statistik pelaporan;
  7. Penyiapan bahan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang statistik pelaporan;
  8. Pelaksanaan tugas lain di bidang statistik pelaporan yang diberikan oleh Kepala Badan.

 

Uraian Tugas :

  1. Menyusun rencana operasional kegiatan di bidang statistik dan pelaporan  dengan menjabarkan rencana operasional berdasarkan SOP dan Struktur Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi, dan Tata Kerja sebagai pedoman pelaksanaan tugas di Bappeda Kota Pontianak.
  2. Mempelajari dan memahami disposisi dari Kepala Bappeda dan Sekretaris Bappeda untuk selanjutnya didistribusikan kepada kepala Sub Bidang statistik dan pelaporan sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang telah ditetapkan.
  3. Mendistribusikan tugas kepada Kepala Sub bidang statistik dan pelaporan sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar tugas yang diberikan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.
  4. Memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada kepala sub bidang statistik dan pelaporanserta staf di lingkungan bidang statistik dan pelaporan sesuai peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas.
  5. Menyelia pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan bidang statistik dan pelaporan secara berkala sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku utk mencapai target kinerja yg diharapkan.
  6. Menyusun petunjuk teknis pelaksanaan tugas bidang statistik dan pelaporan meliputi urusan kestatistikan dan pendataan serta urusan pelaporan dan evaluasi rencana pembangunan.
  7. Menyiapkan bahan-bahan berhubungan dengan kegiatan Statistik dan Pelaporan dan merumuskan kebijakan teknis di bidang Statistik dan pelaporan, baik yang menjadi kebutuhan internal maupun eksternal Bappeda Kota Pontianak
  8. Menyelenggarakan program kerja dan rencana kegiatan bidang statistik dan pelaporan, meliputi urusan kestatistikan dan pendataan serta urusan pelaporan dan evaluasi rencana pembangunan.
  9. Menyelenggarakan pengendalian pelaksanaan program kerja dan kegiatan bidang statistik dan pelaporan, meliputi urusan kestatistikan dan pendataan serta urusan pelaporan dan evaluasi rencana pembangunan.
  10. Mengevaluasi kegiatan penyelenggaraan pengendalian pelaksanaan program kerja dan kegiatan bidang statistik dan pelaporan meliputi urusan kestatistikan dan pendataan serta urusan pelaporan dan evaluasi rencana pembangunan.
  11. Menyusun laporan  pelaksanaan tugas di bidang statistik dan pelaporan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban dan rencana yang akan datang.
  12. Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bappeda sebagai bahan perumusan kebijakan teknis sesuai tupoksi bidang statistik dan pelaporan.
  13. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.



Kepala Sub Bidang Statistik



Tugas Pokok :

Tugas pokok Kepala Sub.Bidang Statistik adalah menyiapkan bahan dan merumuskan kebijakan, pemberian dukungan, pembinaan teknis, pelaporan dan evaluasi di bidang statistik.

 

Fungsi :

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana tersebut di atas Kepala Sub.Bidang Statistik mempunyai fungsi  :

  1. Pelaksanaan koordinasi perencanaan bidang statistik;
  2. Penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis di bidang statistik
  3. Penyusunan rencana kerja di bidang statistik;
  4. Pelaksanaan pembinaan teknis di bidang statistik;
  5. Penyelenggaraan kegiatan pemberian dukungan di bidang statistik;
  6. Penyiapan bahan laporan pelaksanaan tugas di bidang statistik;
  7. Penyiapan bahan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang statistik;
  8. Pelaksanaan tugas lain di bidang statistik yang diberikan oleh atasan.

 

Uraian Tugas:

  1. Menyusun Rencana Kegiatan Sub Bidang Statistik sesuai dengan program kerja BidangStatistik dan Pelaporan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan benar.
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan disposisi atasan agar pelaksanaan tugas dapat dapat berjalan lancar.
  3. Membimbing bawahan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang diberikan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik
  4. Menyusun Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Pontianak Akhir Tahunan.
  5. Menyusun Laporan Keterangan Akhir Masa Jabatan (AMJ) Walikota Pontianak.
  6. Memfasilitasi penyusunan statistik dasar dan koordinasi statistik antar sektoral dan pengembangan jaringan statistik khusus di Kota Pontianak.
  7. Menghimpun dan mengolah data kegiatan pembangunan serta mengkompilasi data dasar perencanaan pembangunan.
  8. Menyusun dokumentasi dan publikasi statistik hasil pelaksanaan pembangunan.
  9. Mengolah dan menyusun bahan perumusan  di bidang statistik.
  10. Melaksanakan pemantauan dan mengevaluasi hasil kegiatan sub bidang statistik sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penilaian lebih lanjut.
  11. Melaporkan hasil kegiatan kepada atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi untuk bahan penilaian kinerja atasan.
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

 

Kepala Sub Bidang Pelaporan

 

Tugas Pokok :

Tugas pokok Kepala Sub.Bidang Pelaporan adalah menyiapkan bahan dan merumuskan kebijakan, pemberian dukungan, pembinaan teknis, pelaporan dan evaluasi di bidang pelaporan.

 

Fungsi :

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana tersebut di atas Kepala Sub.Bidang Pelaporan mempunyai fungsi  :

  1. Pelaksanaan koordinasi perencanaan bidang pelaporan;
  2. Penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis di bidang pelaporan;
  3. Penyusunan rencana kerja di bidang pelaporan;
  4. Pelaksanaan pembinaan teknis di bidang pelaporan;
  5. Penyelenggaraan kegiatan pemberian dukungan di bidang pelaporan;
  6. Penyiapan bahan laporan pelaksanaan tugas di bidang pelaporan;
  7. Penyiapan bahan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang pelaporan;
  8. Pelaksanaan tugas lain di bidang statistik yang diberikan oleh atasan.



Uraian Tugas:

  1. Menyusun Rencana Kegiatan Sub Bidang Pelaporan sesuai dengan program kerja BidangStatistik dan Pelaporan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan benar.
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan disposisi atasan agar pelaksanaan tugas dapat dapat berjalan lancar.
  3. Membimbing bawahan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang diberikan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik
  4. Menyusun Evaluasi dan Pelaporan Per-triwulan.
  5. Menyusun RKT Kota Pontianak.
  6. Monitoring Evaluasi Dana APBN, APBD, DAK dan APBD Prov. SKPD per triwulan.
  7. Menghimpun dan mengolah data kegiatan pembangunan serta mempublikasi hasil-hasil pembangunan.
  8. Menyusun dokumentasi dan publikasi hasil pelaksanaan pembangunan di subbid pelaporan.
  9. Mengolah dan menyusun bahan perumusan  di bidang pelaporan.
  10. Menyusun Profil Kota Pontianak
  11. Melaporkan hasil kegiatan kepada atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi untuk bahan penilaian kinerja atasan.
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

 

Pengumpul dan Pengolah Data Pelaporan I

 

Ikhtisar Jabatan :

Membantu Kasubbid Pelporan dalam menyiapkan surat, naskah dinas, dokumen hasil- hasil pembangunan, bahan presentasi/rapat dan tugas lainnya berdasarkan perintah/petunjuk/arahan dari kasubbid Pelaporan atau pejabat diatasnya agar didapat final surat/naskah dinas/dokumen/bahan presentasi/rapat/lainnya yang akan digunakan oleh atasan.

 

Uraian Tugas :

A.   Membantu Kasubbid Pelaporan menyiapkan surat-surat/naskah dinas.

      Tahapan :

  • Menerima disposisi/perintah/konsep surat dari atasan
  • Mencatat tugas yang diterima ke dalam buku tugas.
  • Mempelajari/membaca disposisi/konsep surat/naskah dinas yang akan diketik, jika terdapat yang membingungkan segera di klarifikasikan atau ditanyakan  kepada atasan.
  • Memberikan masukan/saran kepada atasan apabila disposisi/perintah yang diberikan tidak sesuai aturan atau apabila konsep surat yang diberikan tidak tepat bahasanya.
  • Mengetik draft surat/naskah dinas
  • Mencetak draf surat/naskah dinas.
  • Menyampaikan draft tersebut kepada Kasubbid Pelaporan atau atasan yang memerintahkan untuk di koreksi.
  • Memperbaiki ketikan apabila terdapat koreksi.
  • Mencetak ulang ketikan setelah diperbaiki sesuai koreksian.
  • Menyimpan data file serta mengarsipkan hasil cetakan surat/naskah dinas yang telah dikoreksi dan di tandatangani oleh pejabat berwenang.

B.   Membantu Kasubbid Pelaporan menyiapkan dokumen hasil-hasil pembangunan.

      Tahapan :

  • Menerima disposisi/perintah dari atasan
  • Mencatat tugas yang diterima ke dalam buku tugas.
  • Mempelajari/membaca disposisi/konsep dokumen yang akan diketik, jika terdapat yang membingungkan segera di klarifikasikan atau ditanyakan  kepada atasan
  • Mengumpulkan data-data yang diperlukan kepada atasan, atau pengumpul/pengolah data.
  • Mengetik draft dokumen yang diminta.
  • Menyampaikan draft dokumen tersebut kepada atasan yang memberi perintah.
  • Memperbaiki ketikan draft dokumen tersebut apabila terdapat koreksi dari atasan.
  • Mencetak ulang ketikan setelah diperbaiki sesuai koreksian.
  • Menyampaikan cetakan tersebut kepada atasan dengan dilampiri catatan/coretan koreksi awal.
  • Meminta paraf/tanda tangan pejabat yang berwenang, setelah hasil koreksian telah selesai diperbaiki dan telah dicetak.
  • Menyampaikan dokumen-dokumen tersebut kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan pihak-pihak terkait melalui Tata Usaha
  • Mengarsipkan dokumen-dokumen di Tata Usaha.

C. . Menyiapkan bahan-bahan presentasi untuk keperluan kunjungan kerja yang datang ke Pemerintah Kota Pontianak.

Tahapan :

  • Menerima disposisi/perintah/konsep presentasi dari atasan.
  • Mengumpulkan bahan-bahan untuk presentasi.
  • Membuat file presentasi (dengan aplikasi presentasi seperti power point, dll).
  • Mencetak file untuk diberikan kepada pejabat yang akan memberikan presentasi.
  • Menyampaikan file dan cetakan untuk presentasi kepada atasan yang memberi perintah untuk dikoreksi.
  • Memperbaiki file dan cetakan apabila terdapat koreksi dari atasan.
  • Menjadi operator proyektor pada saat acara berlangsung.

 

Pengumpul dan Pengolah Data Pelaporan II

 

Ikhtisar Jabatan :

Membantu Kasubbid Pelporan dalam menyiapkan surat, naskah dinas, dokumen hasil- hasil pembangunan, bahan presentasi/rapat dan tugas lainnya berdasarkan perintah/petunjuk/arahan dari kasubbid Pelaporan atau pejabat diatasnya agar didapat final surat/naskah dinas/dokumen/bahan presentasi/rapat/lainnya yang akan digunakan oleh atasan.



Uraian Tugas :

A.   Membantu Kasubbid Pelaporan menyiapkan surat-surat/naskah dinas.

      Tahapan :

  • Menerima disposisi/perintah/konsep surat dari atasan
  • Mencatat tugas yang diterima ke dalam buku tugas.
  • Mempelajari/membaca disposisi/konsep surat/naskah dinas yang akan diketik, jika terdapat yang membingungkan segera di klarifikasikan atau ditanyakan  kepada atasan.
  • Memberikan masukan/saran kepada atasan apabila disposisi/perintah yang diberikan tidak sesuai aturan atau apabila konsep surat yang diberikan tidak tepat bahasanya.
  • Mengetik draft surat/naskah dinas
  • Mencetak draf surat/naskah dinas.
  • Menyampaikan draft tersebut kepada kasubbag perencanaan atau atasan yang memerintahkan untuk di koreksi.
  • Memperbaiki ketikan apabila terdapat koreksi.
  • Mencetak ulang ketikan setelah diperbaiki sesuai koreksian.
  • Menyimpan data file serta mengarsipkan hasil cetakan surat/naskah dinas yang telah dikoreksi dan di tandatangani oleh pejabat berwenang.

B.   Membantu Kasubbid Pelaporan menyiapkan dokumen-dokumen Perencanaan.

      Tahapan :

  • Menerima disposisi/perintah dari atasan
  • Mencatat tugas yang diterima ke dalam buku tugas.
  • Mempelajari/membaca disposisi/konsep dokumen yang akan diketik, jika terdapat yang membingungkan segera di klarifikasikan atau ditanyakan  kepada atasan
  • Mengumpulkan data-data yang diperlukan kepada atasan, atau pengumpul/pengolah data.
  • Mengetik draft dokumen yang diminta.
  • Menyampaikan draft dokumen tersebut kepada atasan yang memberi perintah.
  • Memperbaiki ketikan draft dokumen tersebut apabila terdapat koreksi dari atasan.
  • Mencetak ulang ketikan setelah diperbaiki sesuai koreksian.
  • Menyampaikan cetakan tersebut kepada atasan dengan dilampiri catatan/coretan koreksi awal.
  • Meminta paraf/tanda tangan pejabat yang berwenang, setelah hasil koreksian telah selesai diperbaiki dan telah dicetak.
  • Menyampaikan dokumen-dokumen tersebut kepada pihak-pihak terkait melalui Subbag Umum dan Kepegawaian
  • Mengarsipkan dokumen-dokumen di Subbag Perencanaan.

C.  Menyiapkan bahan-bahan presentasi untuk keperluan rapat/diskusi.

     Tahapan :

  • Menerima disposisi/perintah/konsep presentasi dari atasan.
  • Mengumpulkan bahan-bahan untuk presentasi.
  • Membuat file presentasi (dengan aplikasi presentasi seperti power point, dll).
  • Mencetak file presentasi untuk dibagikan kepada peserta yang mengikuti acara rapat/diskusi, dll.
  • Menyampaikan file dan cetakan untuk presentasi kepada atasan yang memberi perintah untuk dikoreksi.
  • Memperbaiki file dan cetakan apabila terdapat koreksi dari atasan.
  • Menjadi operator proyektor pada saat acara rapat/diskusi, dll berlangsung.

 

Pengumpul dan Pengolah Data Pelaporan III

 

Ikhtisar Jabatan :

Membantu Kasubbid Pelaporan dalam menyiapkan surat, naskah dinas, dokumen hasil- hasil pembangunan, bahan presentasi/rapat dan tugas lainnya yang dilakukan dengan memakai peralatan komputer dan perlengkapannya berdasarkan perintah/petunjuk/arahan dari kasubbid pelaporan atau pejabat diatasnya agar didapat final surat /naskah dinas/dokumen/bahan presentasi/rapat/lainnya yang akan digunakan oleh atasan

Uraian Tugas :

A.   Membantu Kasubbid Pelaporan menyiapkan surat-surat/naskah dinas.

      Tahapan :

  • Menerima disposisi/perintah/konsep surat dari atasan
  • Mencatat tugas yang diterima ke dalam buku tugas.
  • Mempelajari/membaca disposisi/konsep surat/naskah dinas yang akan diketik, jika terdapat yang membingungkan segera di klarifikasikan atau ditanyakan  kepada atasan.
  • Memberikan masukan/saran kepada atasan apabila disposisi/perintah yang diberikan tidak sesuai aturan atau apabila konsep surat yang diberikan tidak tepat bahasanya.
  • Mengetik draft surat/naskah dinas
  • Mencetak draf surat/naskah dinas.
  • Menyampaikan draft tersebut kepada kasubbag perencanaan atau atasan yang memerintahkan untuk di koreksi.
  • Memperbaiki ketikan apabila terdapat koreksi.
  • Mencetak ulang ketikan setelah diperbaiki sesuai koreksian.
  • Menyimpan data file serta mengarsipkan hasil cetakan surat/naskah dinas yang telah dikoreksi dan di tandatangani oleh pejabat berwenang.

B.   Membantu Kasubbid Pelaporan menyiapkan dokumen-dokumen Perencanaan.

      Tahapan :

  • Menerima disposisi/perintah dari atasan
  • Mencatat tugas yang diterima ke dalam buku tugas.
  • Mempelajari/membaca disposisi/konsep dokumen yang akan diketik, jika terdapat yang membingungkan segera di klarifikasikan atau ditanyakan  kepada atasan
  • Mengumpulkan data-data yang diperlukan kepada atasan, atau pengumpul/pengolah data.
  • Mengetik draft dokumen yang diminta.
  • Menyampaikan draft dokumen tersebut kepada atasan yang memberi perintah.
  •  Memperbaiki ketikan draft dokumen tersebut apabila terdapat koreksi dari atasan.
  •  Mencetak ulang ketikan setelah diperbaiki sesuai koreksian.
  • Menyampaikan cetakan tersebut kepada atasan dengan dilampiri catatan/coretan koreksi awal.
  • Meminta paraf/tanda tangan pejabat yang berwenang, setelah hasil koreksian telah selesai diperbaiki dan telah dicetak.
  • Menyampaikan dokumen-dokumen tersebut kepada pihak-pihak terkait melalui Subbag Umum dan Kepegawaian
  • Mengarsipkan dokumen-dokumen di Subbag Perencanaan.

C.   Menyiapkan bahan-bahan presentasi untuk keperluan rapat/diskusi.

      Tahapan :

  • Menerima disposisi/perintah/konsep presentasi dari atasan.
  • Mengumpulkan bahan-bahan untuk presentasi.
  • Membuat file presentasi (dengan aplikasi presentasi seperti power point, dll).
  • Mencetak file presentasi untuk dibagikan kepada peserta yang mengikuti acara rapat/diskusi, dll.
  • Menyampaikan file dan cetakan untuk presentasi kepada atasan yang memberi perintah untuk dikoreksi.
  • Memperbaiki file dan cetakan apabila terdapat koreksi dari atasan.
  • Menjadi operator proyektor pada saat acara rapat/diskusi, dll berlangsung.

 

Pengumpul dan Pengolah Data Statistik I

 

Ikhtisar Jabatan :

Membantu Kasubbid Statistik dalam menyiapkan surat, naskah dinas, dokumen hasil- hasil pembangunan, bahan presentasi/rapat dan tugas lainnya yang dilakukan dengan memakai peralatan komputer dan perlengkapannya berdasarkan perintah/petunjuk/arahan dari kasubbid statistik atau pejabat diatasnya agar didapat final surat /naskah dinas/dokumen/bahan presentasi/rapat/lainnya yang akan digunakan oleh atasan serta operator bahan presentasi LKPj Walikota dalam sidang Paripurna DPRD Kota Pontianak.

 

Uraian Tugas :

A.   Membantu Kasubbid Statistik menyiapkan surat-surat / naskah dinas.

      Tahapan :

  • Menerima disposisi/perintah/konsep surat dari atasan
  • Mencatat tugas yang diterima ke dalam buku tugas.
  • Mempelajari/membaca disposisi/konsep surat/naskah dinas yang akan diketik, jika terdapat yang membingungkan segera di klarifikasikan atau ditanyakan  kepada atasan.
  • Memberikan masukan/saran kepada atasan apabila disposisi/perintah yang diberikan tidak sesuai aturan atau apabila konsep surat yang diberikan tidak tepat bahasanya.
  • Mengetik draft surat/naskah dinas
  • Mencetak draf surat/naskah dinas.
  • Menyampaikan draft tersebut kepada kasubbid statistik atau atasan yang memerintahkan untuk di koreksi.
  • Memperbaiki ketikan apabila terdapat koreksi.
  • Mencetak ulang ketikan setelah diperbaiki sesuai koreksian.
  • Menyimpan data file serta mengarsipkan hasil cetakan surat/naskah dinas yang telah dikoreksi dan di tandatangani oleh pejabat berwenang. 

B.   Membantu Kasubbid Statistik menghimpun, mengolah, menganalisa dokumen-dokumen hasil- hasil pembangunan.

       Tahapan :

  • Menerima disposisi/perintah dari atasan
  • Mencatat tugas yang diterima ke dalam buku tugas.
  • Mempelajari/membaca disposisi/konsep dokumen yang akan diketik, jika terdapat yang membingungkan segera diklarifikasikan atau ditanyakan  kepada atasan
  • Mengumpulkan data-data yang diperlukan kepada atasan, atau pengumpul/pengolah data.
  • Melaksanakan koordinasi kepada SKPD yang berhubungan dengan bidang masing- masing.
  • Mengetik draft dokumen yang diminta.
  • Menyampaikan draft dokumen tersebut kepada atasan yang memberi perintah.
  • Memperbaiki ketikan draft dokumen tersebut apabila terdapat koreksi dari atasan.
  • Mencetak ulang ketikan setelah diperbaiki sesuai koreksian.
  • Menyampaikan cetakan tersebut kepada atasan dengan dilampiri catatan/coretan koreksi awal.
  • Meminta paraf/tanda tangan pejabat yang berwenang, setelah hasil koreksian telah selesai diperbaiki dan telah dicetak.
  • Menyampaikan dokumen-dokumen tersebut kepada pihak-pihak terkait melalui Subbid Statistik.
  • Mengarsipkan dokumen-dokumen di Subbid Statistik.

C.   Menyiapkan bahan-bahan presentasi untuk keperluan rapat/diskusi.

Tahapan :

  • Menerima disposisi/perintah/konsep presentasi dari atasan.
  • Mengumpulkan bahan-bahan untuk presentasi.
  • Membuat file presentasi (dengan aplikasi presentasi seperti power point, dll).
  • Mencetak file presentasi untuk dibagikan kepada peserta yang mengikuti acara rapat/diskusi, dll.
  • Menyampaikan file dan cetakan untuk presentasi kepada atasan yang memberi perintah untuk dikoreksi.
  • Memperbaiki file dan cetakan apabila terdapat koreksi dari atasan.
  • Menjadi operator proyektor pada saat acara rapat/diskusi, dll berlangsung.



Pengumpul dan Pengolah Data II

 

Ikhtisar Jabatan :

Membantu Kasubbid Statistik dalam menyiapkan surat, naskah dinas, dokumen hasil- hasil pembangunan, bahan presentasi/rapat dan tugas lainnya berdasarkan perintah/petunjuk/arahan dari kasubbid statistik atau pejabat diatasnya agar didapat final surat/naskah dinas/dokumen/bahan presentasi/rapat/lainnya yang akan digunakan oleh atasan serta membantu bendahara pengeluaran  dalam menyelenggarakan penatausahaan terhadap seluruh pengeluaran yang menjadi tanggungjawabnya.

 

Uraian Tugas :

A.   Membantu Kasubbid Statistik menyiapkan surat-surat/naskah dinas.

      Tahapan :

  • Menerima disposisi/perintah/konsep surat dari atasan
  • Mencatat tugas yang diterima ke dalam buku tugas.
  • Mempelajari/membaca disposisi/konsep surat/naskah dinas yang akan diketik, jika terdapat yang membingungkan segera di klarifikasikan atau ditanyakan  kepada atasan.
  • Memberikan masukan/saran kepada atasan apabila disposisi/perintah yang diberikan tidak sesuai aturan atau apabila konsep surat yang diberikan tidak tepat bahasanya.
  • Mengetik draft surat/naskah dinas
  • Mencetak draf surat/naskah dinas.
  • Menyampaikan draft tersebut kepada kasubbag perencanaan atau atasan yang memerintahkan untuk di koreksi.
  • Memperbaiki ketikan apabila terdapat koreksi.
  • Mencetak ulang ketikan setelah diperbaiki sesuai koreksian.
  • Menyimpan data file serta mengarsipkan hasil cetakan surat/naskah dinas yang telah dikoreksi dan di tandatangani oleh pejabat berwenang.

B.   Membantu Kasubbid Statistik menyiapkan dokumen-dokumen Statistik.

      Tahapan :

  • Menerima disposisi/perintah dari atasan
  • Mencatat tugas yang diterima ke dalam buku tugas.
  • Mempelajari/membaca disposisi/konsep dokumen yang akan diketik, jika terdapat yang membingungkan segera di klarifikasikan atau ditanyakan  kepada atasan
  • Mengumpulkan data-data yang diperlukan kepada atasan, atau pengumpul/pengolah data.
  • Mengetik draft dokumen yang diminta.
  • Menyampaikan draft dokumen tersebut kepada atasan yang memberi perintah.
  • Memperbaiki ketikan draft dokumen tersebut apabila terdapat koreksi dari atasan.
  • Mencetak ulang ketikan setelah diperbaiki sesuai koreksian.
  • Menyampaikan cetakan tersebut kepada atasan dengan dilampiri catatan/coretan koreksi awal.
  • Meminta paraf/tanda tangan pejabat yang berwenang, setelah hasil koreksian telah selesai diperbaiki dan telah dicetak.
  • Menyampaikan dokumen-dokumen tersebut kepada pihak-pihak terkait melalui Subbid Statistik
  • Mengarsipkan dokumen-dokumen di Subbid Statistik

C.  Membantu menyiapkan bahan-bahan presentasi untuk keperluan rapat/diskusi. 

     Tahapan :

  • Menerima disposisi/perintah/konsep presentasi dari atasan.
  • Membantu mengumpulkan bahan-bahan untuk presentasi.
  • Membuat file presentasi (dengan aplikasi presentasi seperti power point, dll).
  • Mencetak file presentasi untuk dibagikan kepada peserta yang mengikuti acara rapat/diskusi, dll.
  • Menyampaikan file dan cetakan untuk presentasi kepada atasan yang memberi perintah untuk dikoreksi.
  • Memperbaiki file dan cetakan apabila terdapat koreksi dari atasan.

D.   Melaksanakan tugas sebagai Pembantu Bendahara Pengeluaran

      Tahapan :

  • Mempelajari DPA kegiatan.
  • Membuat rincian permintaan sesuai dengan Anggaran Kas per bulan.
  •  Melengkapi berkas SPJ seperti kwitansi bon pesanan undangan, daftar pesanan
  • Membuat undangan dan daftar hadir.
  • Mengisi blangko setoran dan membayar pajak.
  • Meminta paraf atasan.
  • Meminta tanda tangan PPTK.
  • Menyerahkan berkas SPJ yang sudah lengkap ke Bendahara untuk direkap ke BKU.
  • Menyusun berkas SPJ yang sudah lengkap.
  • Mengarsipkan SPJ.
  • Membuat rekapitulasi perincian objek.
  • Menyiapkan STS pajak dan bukti-bukti pengeluaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 


----***----

Subcategories

External Link

Pengunjung

Visitors
13
Articles
186
Web Links
9
Articles View Hits
69250



Bappeda Kota Pontianak | Jl. Zainuddin no. 5 telp (0561) 734294 - 733045 - 733045 | e-mail : bappeda@pontianakkota.go.id