Badan Perencanaan Pembangunan Daerah atau yang biasa dikenal dengan BAPPEDA Kota Pontianak, merupakan salah satu instansi Pemerintah yang berfungsi merumuskan kebijakan perencanaan pembangunan Kota Pontianak baik rencana jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Dalam melaksanakan fungsinya tersebut Bappeda harus melakukan koordinasi, monitoring dan evaluasi terhadap SKPD yang berada di jajaran Pemerintah Kota Pontianak, agar terjadi sinergisitas dalam pelaksanaan program pembangunan.

 

Sebagai instansi yang memiliki fungsi cukup besar di Pemerintahan, dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya Bappeda dibagi menjadi beberapa Bidang seperti yang tertuang dalam Peraturan Walikota Nomor 30 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Pontianak. Salah satu bidang tersebut adalah Bidang Penelitian dan Pengembangan yang terbagi menjadi dua sub bidang yaitu Sub Bidang Penelitian dan Pengembangan Ekonomi, Fisik dan Prasarana serta Sub Bidang Penelitian dan Pengembangan Sosial Budaya.

 

Adapun garis koordinasi antar personil di lingkungan Bidang Penelitian dan Pengembangan BAPPEDA Kota Pontianak dapat dilihat pada Diagram Struktur Organisasi berikut : 

 

 

Sesuai dengan Peraturan Walikota Pontianak Nomor 30 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Pontianak, maka tugas pokok, fungsi serta uraian tugas masing-masing personil di Bidang Bidang Penelitian dan Pengembangan adalah sebagai berikut:

 

 

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan

Ruang Lingkup :

Ruang lingkup bidang penelitian dan pengembanganmeliputi penelitian dan pengembangan sosial budaya, penelitian dan pengembangan ekonomi, fisik dan prasarana.

Tugas pokok :

Menyiapkan bahan dan merumuskan kebijakan, pemberian dukungan, pembinaan teknis, pelaporan dan evaluasi di bidang penelitian dan pengembangan.

Fungsi :

  1. Pelaksanaan koordinasi perencanaan dibidang penelitan dan pengembangan;
  2. Penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis di bidang penelitian dan pengembangan;
  3. Penyusunan rencana kerja di bidang penelitian dan pengembangan;
  4. Pelaksanaan pembinaan teknis di bidang penelitian dan pengembangan;
  5. Penyelenggaraan kegiatan pemberian dukungan di bidang penelitian dan pengembangan;
  6. Penyiapan bahan laporan pelaksanaan tugas di bidang penelitian dan pengembangan;
  7. Penyiapan bahan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang penelitian dan pengembangan;
  8. Pelaksanaan tugas lain di bidang penelitian dan pengembangan yang diberikan oleh Kepala Badan

Uraian Tugas :

  1. Menyusun Program Kerja di bidang penelitian dan pengembangan berdasarkan sasaran dan program kerja tahunan Badan yang telah ditetapkan sebagai pedoman untuk melaksanakan tugas.
  2. Membagi tugas kepada para Kepala Sub Bidang sesuai dengan tugas pokok, fungsi masing – masing Sub Bidang agar tugas dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan;
  3. Memberi petunjuk kerja kepada para Kepala Sub Bidang dan staf yang dilakukan secara lisan maupun tertulis agar tugas – tugas yang akan dilaksanakan dapat dipahami secara benar;
  4. Melakukan pengawasan kepada Kepala Sub Bidang dan seluruh staf di Bidang Penelitian dan Pembangunan baik secara preventif maupu represif untuk menghindari terjadinya kesalahan dan penyimpangan dalam pelaksanaan tugas;
  5. Mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh para Kepala Sub Bidang pada  Bidang Penelitian dan Pengembangan dengan membandingkan antara hasil kerja dicapai dengan rencana yang telah ditetapkan untuk mengetahui tingkat kinerja yang dicapai;
  6. Melaksanakan program kerja yang berkaitan dengan penelitian dan pengembangan sosial budaya berdasarkan peraturan yang  berlaku agar pelaksanaan program kerja dapat berjalan secara efisien dan efektif;
  7. Melaksanakan program kerja yang berkaitan dengan penelitian  dan pengembangan ekonomi, fisik dan prasarana berdasarkan peraturan yang berlaku agar pelaksanaan program kerja dapat berjalan secara efesien dan efektif;
  8. Memfasilitasi kegiatan yang berkaitan dengan bidang penelitian dan pengembangan sesuai dengan peraturan yang berlaku agar pelaksanaan tugas berjalan dengan lancar;
  9. Mengajukan saran dan pertimbangan kepada Kepala Badan mengenai upaya pemecahan masalah yang berkaitan dengan bidang penelitian dan pengembangan baik secara lisan maupun tertulis sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan
  10. Melaporkan kegiatan Bidang Penelitian dan Pengembangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan;
  11. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Bidang Penelitian dan Pengembangan ekonomi yang diberikan oleh Kepala Badan

 

 

Kepala Sub Bidang Penelitian dan Pengembangan Sosial Budaya

Ruang Lingkup :

Ruang lingkup sub bidang ini meliputi menyiapkan bahan untuk perumusan kegiatan penelitian dan pengembangan, analisis kebutuhan penelitian dan pengembangan, kerjasama penelitian dan pengembangan dan fasilitasi jabatan fungsional peneliti di bidang kesejahteraan rakyat dan kependudukan, bidang pendidikan, mental spiritual dan pemerintahan.

Tugas Pokok :

Mengolah dan menyusun bahan perumusan kebijakan, melaksanakan kegiatan dan menyusun laporan di bidang penelitian dan pengembangan sosial budaya.

Fungsi :

  1. Pelaksanaan koordinasi internal dibidang penelitian dan pengembangan sosial budaya ;
  2. Pengelolaan dan penyusunan bahan perumusan kebijakan di bidang penelitian dan pengembangan sosial budaya;
  3. Penyusunan rencana kerja di bidang penelitian dan pengembangan sosial budaya;
  4. Penyelenggaraan kegiatan di bidang penelitian dan pengembangan sosial budaya;
  5. Penyusunan bahan laporan pelaksanaan tugas di bidang penelitian dan pengembangan sosial budaya;
  6. Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi di bidang penelitian dan pengembangan sosial budaya;
  7. Pelaksanaan tugas lain di bidang penelitian dan pengembangan sosial budaya yang diberikan oleh Kepala Bidang.

Uraian Tugas :

  1. Menyusun rencana  kerja di bidang penelitian dan pengembangan sosial budaya berdasarkan sasaran dan program kerja tahunan Badan yang telah ditetapkan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas dan memberi petunjuk kerja kepada para staf secara lisan dan tertulis agar tugas-tugas yang dilaksanakan dapat dipahami secara baik dan benar;
  3. Melakukan pengawasan kepada para staf dalam melaksanakan tugas baik secara preventif maupun represiv untuk menghindari terjadinya kesalahan dan penyimpangan dalam pelaksanaan tugas;
  4. Mengevaluasi pelaksanaan tugas staf dengan cara membandingkan antara hasil kerja yang dicapai dengan rencana kerja yang telah dibuat untuk mengetahui tingkat kinerja yang dicapai;
  5. Menyiapkan bahan pelaksanaan tugas bidang bidang penelitian dan pengembangan sosial budaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk menghindari terjadinya kesalahan;
  6. Melaksanakan pembinaan dan pengelolaan kegiatan di bidang penelitian dan pengembangan sosial budaya sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.
  7. Menyiapkan bahan untuk perumusan kegiatan penelitian dan pengembangan, analisis kebutuhan penelitian dan pengembangan, kerjasama penelitian dan pengembangan dan fasilitasi jabatan fungsional peneliti dibidang kesejahteraan rakyat dan kependudukan, bidang pendidikan, mental spritual dan pemerintahyan sesuai dengan petunjuk teknis dan pedoman yang berlaku agar pelaksanaan tugas berjalan dengan lancar.
  8. Menyusun konsep naskah dinas yang berkaitan dengan bidang penelitian dan pengembangan sosial budaya sesuai dengan pedoman dan peraturan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  9. Melaporkan kegiatan di bidang penelitian dan pengembangan sosial budaya kepada atasan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan;
  10. Mengajukan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang mengenai upaya pemecahan masalah yang berkaitan dengan bidang penelitian dan pengembangan sosial budaya baik secara lisan maupun tulisan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan;
  11. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi bidang penelitian dan pengembangan sosial budaya yang diberikan oleh Kepala Bidang.

  

 

Kepala Sub  Bidang Penelitian dan Pengembangan Ekonomi, Fisik dan Prasarana

Ruang Lingkup :

Ruang lingkup sub bidang ini meliputi menyiapkan bahan untuk pemantauan kegiatan penelitian dan pengembangan, analisis kebutuhan penelitian dan pengembangan, kerjasama penelitian dan pengembangan dan fasilitasi jabatan fungsional peneliti di bidang pertanian, pengembangan dunia usaha dan pariwisata, bidang perindustrian, perdagangan, koperasi, UMKM dan energi, perhubungan, infokom, sumber daya air, penataan ruang, pertanahan, sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Tugas Pokok :

Mengolah dan menyusun bahan perumusan kebijakan, melaksanakan kegiatan dan menyusun laporan di bidang penelitian dan pengembangan ekonomi, fisik dan prasarana

Fungsi :

  1. Pelaksanaan koordinasi internal bidang penelitian dan pengembangan ekonomi, fisik dan prasarana;
  2. Pengelolaan dan penyusunan bahan perumusan kebijakan di bidang penelitian dan pengembangan ekonomi, fisik dan prasarana;
  3. Penyusunan rencana kerja di bidang penelitian dan pengembangan ekonomi, fisik dan prasarana;
  4. Penyelenggaraan kegiatan di bidang penelitian dan pengembangan ekonomi, fisik dan prasarana;
  5. Penyusunan bahan laporan pelaksanaan tugas di bidang penelitian dan pengembangan ekonomi, fisik dan prasarana;
  6. Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi di bidang penelitian dan pengembangan ekonomi, fisik dan prasarana;
  7. Pelaksanaan tugas lain di bidang penelitian dan pengembangan ekonomi, fisik dan prasarana yang diberikan oleh Kepala Bidang

Uraian Tugas :

  1. Menyusun rencana kerja di bidang penelitian dan pengembangan ekonomi, fisik dan prasarana berdasarkan sasaran dan program kerja tahunan Badan yang telah ditetapkan sebagai pedoman untuk melaksanakan tugas;
  2. Membagi  tugas dan memberi petunjuk kerja kepada para staf secara lisan dan tertulis agar tugas – tugas yang dilaksanakan dapat dipahami secara baik dan benar;
  3. Melakukan pengawasan kepada para staf dalam melaksanakan tugas baik secara preventif maupun represif untuk  menghindari terjadinya kesalahan dan penyimpangan dalam pelaksanaan tugas
  4. Mengevaluasi pelaksanaan tugas staf dengan cara membandingkan antara hasil kerja yang dicapai dengan rencana kerja yang telah dibuat untk mengetahui tingkat kinerja yang dicapai;
  5. Menyiapkan bahan pelaksanaan tugas bidang penelitian dan pengembangan ekonomi, fisik dan prasarana berdasarkan petunjuk tekhnis dan pedoman yang berlaku untuk menghindari terjadinya kesalahan.
  6. Melaksanakan pembinaan dan pengelolaan kegiatan di bidang penelitian dan pengembangan ekonomi, fisik dan prasarana sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku;
  7. Menyiapkan bahan untuk pemantauan kegiatan penelitian dan pengembangan, analisis kebutuhan penelitian dan pengembangan, kerjasama penelitian dan pengembangan dan fasilitasi jabatan fungsional peneliti di bidang pertanian, pengembangan dunia usaha dan pariwisata, bidang perindustrian, perdagangan, koperasi dan UMKM dan energi, perhunungan, infokom. Sumber daya air, penataan ruang, pertanahan, sumber daya alam dan lingkungan hidup sesuai dengan petunjuk teknis dan pedoman yang berlaku agar pelaksanaan tugas berjalan dengan lancar
  8. Menyusun konsep naskah dinas yang  berkaitan dengan bidang bidang penelitian dan pengembangan ekonomi, fisik dan prasarana sesuai dengan pedoman dan peraturan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas
  9. Melaporkan kegiatan di bidang penelitian dan pengembangan ekonomi, fisik dan prasarana kepada atasan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang  berlaku sebagai bahan pertimbangan dalam  pengambilan keputusan;
  10. Mengajukan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang mengenai upaya pemecahan  masalah yang berkaitan dengan bidang penelitian dan pengembangan ekonomi, fisik dan prasarana baik secara lisan maupun tulisan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan;
  11. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi bidang penelitian dan pengembangan ekonomi, fisik dan prasarana yang diberikan oleh Kepada Bidang.

 

Selain pejabat struktural tersebut di atas, dalam melaksanakan tugasnya, Kepala Bidang dan Kepala Sub Bidang dibantu oleh para staf. Di Bidang penelitian, masing-maisng Kepala Sub Bidang dibantu oleh satu orang staf sebagai berikut:

 

Pengumpul dan Pengolah Data Penelitian dan Pengembangan Ekonomi, Fisik dan Prasarana

Uraian Tugas :

  1. Mempelajari tugas yang diberikan atasan secara seksama, cermat agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaan tugas;
  2. Menerima dan mengumpulkan dokumen yang berhubungan dengan bidang penelitian dan pengembangan ekonomi, fisik dan prasarana sesuai dengan arahan pimpinan sebagai bahan dalam melaksanakan tugas;
  3. Mengklasifikan dan meneliti kembali data yang berhubungan dengan bidang penelitian dan pengembangan ekonomi, fisik dan prasarana yang ada berdasarkan petunjuk kerja atasan agar mendapatkan kebenaran data yang dibutuhkan;
  4. Mengolah bahan perencanaan kebijakan bidang penelitian dan pengembangan ekonomi, fisik dan prasarana sesuai dengan petunjuk kerja dari atasan sebagai bahan dalam  menyusun perencanaan selanjutnya
  5. Melaksanakan pemantauan terhadap pelaksanaan APBD pada setiap kecamatan;
  6. Mendokumentasikan semua bahan hasil pelaksanaan tugas dan kegiatan bidang penelitian dan pengembangan ekonomi, fisik dan prasarana sesuai dengan nomenklatur yang ada agar data tersimpan dengan baik;
  7. Membuat laporan pelaksanaan tugas dan hasil kegiatan kepada atasan sesuai dengan format yang ada sebagai bahan evaluasi bagi pimpinan dalam mengambil kebijakan berikutnya;
  8. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai dengan tugas dan fungsi untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  9. Melakukkan invetarisasi permasalahan dan isu-isu strategis dan aktual yang berkembang di lingkungan masyarakat Kota Pontianak (meliputi bidang pertanian, perikanan, peternakan, pariwisata, perdagangan, perindustrian dan UKM, keuangan daerah, kebersihan, pertamanan, penataan ruang, lingkungan hidup, permukiman, perumahan, pekerjaan umum, pertanahan, perhubungan, pelayanan publik serta komunikasi dan informatika).
  10. Membuat kliping berita aktual di media cetak yang menjadi sorotan dan pembahasan Walikota Pontianak dan pihak lainnya yang berkepentingan terhadap perkembangan dan kemajuan pembangunan Kota Pontianak
  11. Membuat konsep naskah dinas yang berkaitan dengan tugas sesuai dengan petunjuk atasan guna kelancaran tugas
  12. Memberikan saran dan pertimbangan yang dapat menjadi bahan perumusan kebijakan teknis bagi atasan

 

Pengumpul dan Pengolah Data Penelitian dan Pengembangan Sosial Budaya

Uraian Tugas :

  1. Melaksanakan koordinasi internal terkait penelitian sosial budaya sesuai dengan petunjuk kerja agar pelaksanaan tugas berjalan lancar.
  2. Mempelajari tugas yang diberikan atasan secara seksama, cermat agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaan tugas;
  3. Menerima dan mengumpulkan dokumen yang terkait dengan penelitian dan pengembangan sosial budaya sesuai dengan arahan pimpinan sebagai bahan dalam menlaksanakan tugas;
  4. Mengklasifikan dan meneliti kembali data yang berhubungan dengan penelitian dan pengembangan sosial budaya yang ada berdasarkan petunjuk kerja atasan agar mendapatkan kebenaran data yang dibutuhkan;
  5. Membuat konsep naskah dinas yang berkaitan dengan tugas sesuai dengan petunjuk atasan guna kelancaran tugas;
  6. Mengolah bahan perencanaan kebijakan terkait penelitian dan pengembangan sosial budaya sesuai dengan petunjuk kerja dari atasan sebagai bahan dalam  menyusun perencanaan selanjutnya.
  7. Melaksanakan pemantauan terhadap pelaksanaan APBD pada SKPD kecamatan di Kota Pontianak;
  8. Mendokumentasikan semua bahan hasil pelaksanaan tugas dan kegiatan terkait penelitian dan pengembangan sosial budaya sesuai dengan nomenklatur yang ada agar data tersimpan dengan baik;
  9. Membuat laporan pelaksanaan tugas dan hasil kegiatan kepada atasan sesuai dengan format yang ada sebagai bahan evaluasi bagi pimpinan dalam mengambil kebijakan berikutnya;
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai dengan tugas dan fungsi untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

 

 

----***----