Visi dan Misi



Rumusan pernyataan visi dan misi  perangkat daerah sesuai hasil analisis yang telah dilakukan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) sebagai bagian integral dari Pemerintah Kota Pontianak, yang memiliki tugas pokok dan fungsi dalam perencanaan pembangunan, memiliki peran dan posisi strategis dalam kerangka pencapaian visi pembangunan jangka menengah Kota Pontianak yaitu:

Pontianak Kota Khatulistiwa Berwawasan Lingkungan, terdepan dalam Kualitas Sumber Daya manusia, Prima dalam Pelayanan Publik, didukung dengan Tata kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih”

Visi ini memantapkan kota Pontianak sebagai Kota yang berwawasan lingkungan dengan mengedepankan keunikan daerah sebagai kota khatulistiwa dengan didukung oleh pelayanan publik yang prima dan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pontianak Tahun 2015-2019.

Dalam kerangka tersebut, keberadaan BAPPEDA menjadi penentu dan pengendali dari pencapaian visi kota, sehingga dalam perumusan visinya harus mencerminkan upaya pencapaian visi dan misi pemerintah kota.  BAPPEDA sebagai institusi yang menjalankan urusan perencanaan pembangunan dengan kewenangan yang dicantumkan dalam 13 pasal Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, serta beberapa Peraturan Pemerintah yang menjadi turunannya, maka menjadikan  BAPPEDA lembaga strategis yang keberadaannya menjadi lokomotif dan andalan dalam pembangunan daerah memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang bergerak dinamis.  Berdasarkan uraian di atas, serta sesuai dengan sasaran yang tertuang dalam 5 (lima) Misi yang diamanatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pontianak 2015-2019, maka rumusan visi yang ingin dicapai  BAPPEDA pada masa mendatang adalah sebagai berikut :

“Perencana Pembangunan Daerah Yang Andal  Berbasis Teknologi Sistem Informasi

Penjelasan Visi :

Proses perencanaan pembangunan daerah harus melibatkan para pelaku pembangunan dan dilaksanakan secara akuntabel serta diarahkan untuk menyelesaikan permasalahan pembangunan di berbagai bidang dengan berbasiskan teknologi informasi dalam proses pelaksanaannya.

Dalam pengertian Visi  BAPPEDA tersebut maka sebagai lembaga teknis di lingkungan Permerintah Kota Pontianak yang memiliki kewenangan dalam perencanaan pembangunan. Perencanaan pembangunan : dapat diartikan sebagai  suatu proses perumusan alternatif-alternatif atau keputusan-keputusan yang didasarkan pada data-data dan fakta-fakta yang akan digunakan sebagai bahan untuk melaksanakan suatu rangkaian kegiatan/aktivitas kemasyarakatan, baik yang bersifat fisik (material) maupun nonfisik (mental dan spiritual) dalam rangka mencapai tujuan yang lebih baik. Sehubungan dengan hal tersebut  BAPPEDA secara kelembagaan harus andal dengan berbasiskan kepada teknologi informasi. Pengertian kata-kata dimaksud adalah sebagai berikut :

Andal :   mampu melakukan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi rencana pembangunan, serta dapat dipercaya dalam merumuskan kebijakan yang dapat dipertanggungjawabkan, serta merupakan alternatif solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan daerah, terintegrasi secara horizontal dan vertikal, dan sesuai dengan kondisi regional maupun sektoral serta dapat diimplementasikan pada suatu waktu tertentu.

Teknologi Informasi : suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data pembangunan untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan dalam penyusunan rencana pembangunan untuk pengambilan keputusan.

Dalam kaitannya dengan  BAPPEDA sebagai lembaga perencana yang andal, harus memenuhi beberapa syarat yaitu:

  1. Aspiratif : Dalam penyusunan perencanaan pembangunan makan keterlibatan para pemangku kepentingan (stakeholders) secara aktif pada setiap tahapan perencanaan pembangunan menjadi suatu keharusan.
  2. Akuntabel : Setiap program / kegiatan dan hasil akhir dari tahapan perencanaan pembangunan dapat dipertanggungjawabkan secara transparan  kepada masyarakat sesuai dengan peraturan yang berlaku melalui website Bappeda Kota Pontianak
  3. Kredibel : Menerapkan prinsip-prinsip good governance, yang meliputi lain transparansi, taat hukum, partisipatif, keterbukaan, dan akuntabilitas
  4. Antisipatif : Perencanaan yang dihasilkan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan saat ini saja tetapi yang lebih penting dapat menjawab kebutuhan yang akan datang dan yang mungkin terjadi atau orientasi ke depan (tidak bersifat statis).
  5. Aplikatif : Produk perencanaan dengan mudah dapat dijadikan sebagai bahan acuan dan pedoman bagi perangkat daerah maupun pemangku kepentingan lainnya.

 

Penetapan Visi tersebut juga didukung oleh fakta dan data bahwa fungsi perencanaan di masa mendatang sangat strategis dan menentukan kemajuan suatu daerah. Berdasarkan pemahaman tersebut, sangatlah rasional pada masa mendatang diperlukan langkah dan tindakan pemantapan lembaga perencanaan pembangunan sebagai lembaga yang andal dalam perencanaan pembangunan daerah.

 

Penjelasan Misi :

Misi merupakan pernyataan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai, yang harus dilaksanakan agar tujuan dapat berhasil dengan baik. Dengan pernyataan misi diharapkan semua pihak dapat mengetahui dan melaksanakan perannya secara optimal sehingga setiap program dapat berhasil sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Pernyataan misi yang jelas akan memberikan arahan kepada setiap stakeholder untuk mengambil bagian dalam pembangunan. Untuk merealisasikan visi yang telah ditetapkan tersebut dengan bertumpu kepada potensi sumber daya dan kemampuan yang dimiliki serta ditunjang dengan semangat kebersamaan, tanggung jawab dari seluruh aparat Bappeda dan dukungan pemangku kepentingan, maka ditetapkan Misi sebagai berikut :

  1. Mewujudkan perencanaan pembangunan daerah yang berkualitas (sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan tanggap terhadap perubahan berdasarkan asas umum penyelenggaraan Negara) secara demoktratis, partisipatif, transparan dan akuntabel ;
  2. Membangun sistem informasi data berbasis web sistem untuk mendukung proses monitoring, pengendalian dan evaluasi pembangunan yang akurat;
  3. Melaksanakan dan mengkoordinasikan kegiatan penelitian danpengembangan untuk mendukung perencanaan pembangunan daerah yang ideal .


Copyright © 2018 . BAPPEDA Kota Pontianak
Jl. Zainuddin no. 5 telp (0561) 734294 - 733045 - 733045 | e-mail : bappeda@pontianakkota.go.id