Bappeda sebagai Perencanaan Pembangunan Daerah, dimana perencanaan merupakan proses pemilihan alternatif menentukan tindakan setelah melihat berbagai opsi dalam mencapai tujuan, baik jangka pendek, jangka menengah ataupun jangka panjang. Didalam melakukan pembangunan, diperlukan perencanaan yang handal serta diharapkan dapat melakukan evaluasi terhadap pembangunan yang dilakukannya. 

 

Sebagai instansi yang memiliki fungsi cukup besar di Pemerintahan, dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya Bappeda dibagi menjadi beberapa Bidang seperti yang tertuang dalam Peraturan Walikota Nomor 30 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Pontianak. Salah satu bidang tersebut adalah Bidang Sekretariat yang terbagi menjadi tiga sub bagian yaitu Sub Bagian  Umum dan Kepegawaian Sub Bagian Keuangan, Sub Bagian Perencanaan.

 

Adapun Struktur Organisasi Sekretariat BAPPEDA Kota Pontianak  sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah Kota Pontianak adalah sebagai berikut:

 

 

 

Tugas Dan Fungsi Bidang Sekretariat tertuang Dalam Peraturan Walikota Pontianak Nomor 30 Tahun 2008 Tentang Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja  Badan perencanaan Pembangunan Daerah Kota Pontianak.


 

Sekretaris

Tugas Pokok:

Menyiapkan bahan dan merumuskan kebijakan, fasilitasi, koordinasi, monitoring dan evaluasi di bidang kesekretariatan, dan pelaksanaan koordinasi perencanaan pembangunan.

Fungsi:

  1. Pelaksanaan koordinasi perencanaan di bidang kesekretariatan;
  2. Perumusan kebijakan di bidang kesekretariatan;
  3. Perumusan rencana kerja di bidang kesekretariatan;
  4. Penyelenggaraan koordinasi pelaksanaan tugas di bidang kesekretariatan;
  5. Monitoring dan evaluasi kebijakan di bidang kesekretariatan;
  6. Pembinaan teknis di bidang kesekretariatan;
  7. Pelaporan pelaksanaan tugas di bidang kesekretariatan;
  8. Pengelolaan administrasi kesekretariatan;
  9. Pelaksanaan tugas lain di bidang kesekretariatan yang diberikan oleh Kepala Badan.

Ruang Lingkup Bidang Kesekretariatan:

Meliputi Umum dan Kepegawaian, Perencanaan, dan Keuangan.

 

Uraian Tugas Jabatan Sekretaris dan Kepala Sub Bagian pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Pontianak tertuang dalam Peraturan Walikota Pontianak Nomor 51 Tahun 2010 tentang Uraian Tugas Jabatan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Pontianak.

Menyusun program kerja di bidang kesekretariatan berdasarkan sasaran dan program kerja tahunan Badan yang telah ditetapkan sebagai pedoman untuk melaksanakan tugas;

  • Membagi tugas kepada para Kasubbag sesuai dengan tugas pokok, fungsi masing-masing sub bagian agar tugas dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan;
  • Memberi petunjuk kerja kepada para Kasubbag dan staf yang dilakukan secara lisan maupun tertulis agar tugas-tugas yang akan dilaksanakan dapat dipahami secara benar;
  • Melakukan pengawasan kepada Kasubbag dan seluruh staf di sekretariat dalam melaksanakan tugas baik secara preventif maupun represif untuk menghindari terjadinya kesalahan dan penyimpangan dalam pelaksanaan tugas;
  • Mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh para Kasubbag pada secretariat dengan membandingkan antara hasil kerja yang dicapai dengan rencana yang telah ditetapkan untuk mengetahui tingkat kinerja yang dicapai;
  • Membantu pimpinan dalam mengkoordinasikan pelaksanaan tugas bidang-bidang yang ada di Badan sesuai dengan petunjuk pimpinan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Melaksanakan tugas perencanaan, administrasi keuangan, umum dan administrasi kepegawaian, berdasarkan pedoman dan peraturan yang berlaku sebagai bahan perumusan kebijakan;
  • Melaksanakan pembinaan yang berkaitan dengan bidang perencanaan, keuangan, umum dan kepegawaian, berdasarkan pedoman dan peraturan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Memfasilitasi kegiatan yang berkaitan dengan tugas Badan sesuai dengan peraturan yang berlaku agar pelaksanaan tugas berjalan dengan lancer;
  • Mengajukan saran dan pertimbangan staf kepada Kepala Badan mengenai upaya pemecahan masalah yang berkaitan dengan bidang kesekretariatan baik secara lisan maupun tertulis sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan;
  • Melaporkan kegiatan di bidang kesekretariatan baik secara lisan maupun tertulis sebagai bahan pertimbangan atasan dalam pengambilan keputusan;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi bidang kesekretariatan yang diberikan oleh Kepala Badan.

 

 

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Tugas Pokok :

Mengolah dan menyusun bahan perumusan kebijakan, melaksanakan kegiatan dan menyusun laporan di bidnag umum dan kepegawaian. 

Fungsi :

  1. Pelaksanaan koordinasi internal di bidang umum dan kepegawaian;
  2. Pengolahan dan penyusunan bahan perumusan kebijakan di bidang umum dan kepegawaian;
  3. Penyusunan rencana kerja di bidang umum dan kepegawaian;
  4. Penyelenggaraan kegiatan di bidang umum dan kepegawaian berdasarkan rencana kerja yang telah ditetapkan;
  5. Penyusunan bahan laporan pelaksanaan tugas di bidang umum dan; kepegawaian;
  6. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi di bidang umum dan kepegawaian;
  7. Pelaksanaan tugas laian di bidang umum dan kepegawaian yang diberikan oleh Sekretaris Badan.

Ruang Lingkup :

Meliputi administrasi surat menyurat, mempersiapkan Surat Tugas dan Surat Perintah Perjalanan Dinas, fasilitasi pertemuan, rapat, urusan perlengkapan dan rumah tangga kantor, menyiapkan dan membuat Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), mempersiapkan rencana diklat teknis perencanaan pembangunan, pelayanan informasi dan administrasi kepegawaian (DUK, DP3, KARSU, KARIS, TASPEN, ASKES dan LP2P).

Uraian Tugas:

  • Menyusun rencana kerja subbag umum dan kepegawaian berdasarkan sasaran dan program kerja tahunan Badan yang telah ditetapkan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  • Membagi tugas dan member petunjuk kerja kepada para staf secara lisan maupun tertulis agar tugas-tugas yang dilaksanakan dapat dipahami secara baik dan benar;
  • Melakukan pengawasan kepada para staf dalam melaksanakan tugas baik secara preventif maupun represif untuk menghindari terjadinya kesalahan dan penyimpangan dalam pelaksanaan tugas;
  • Mengevaluasi pelaksanaan tugas staf dengan cara membandingkan antara hasil kerja yang dicapai dengan rencana yang telah dibuat untuk mengetahui tingkat kinerja yang dicapai;
  • Menyiapkan bahan pelaksanaan tugas bidang umum dan kepegawaian berdasarkan petunjuk teknik dan pedoman yang berlaku untuk menghindari terjadinya kesalahan;
  • Melaksanakan penataan kearsipan bidang kepegawaian sesuai dengan jumlah pegawai yang ada untuk tertib administrasi;
  • Melaksanakan administrasi kepegawaian yang meliputi pengusulan pembuatan KARIS, KARSU, KARPEG, DUK, DP3, Kenaikan Gaji Berkala, Kenaikan Pangkat, TAPEN, ASKES, Ujian Dinas, DIKLAT, SATYA LENCANA, Ijin Cuti, Kespeg, usulan formasi dan mutasi pegawai, Pensiunan PNS sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk tertib administrasi kepegawaian;
  • Melaksanakan administrasi umum yang berkaitan dengan keprotokolan, perlengkapan dan rumah tangga yang meliputi keamanan, kebersihan, keindahan, penghapusan, pengadaan dan pemeliharaan barang, ATK, logistic, operasional kantor, dokumentasi surat menyurat, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi subbag umum dan kepegawaian agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai ketentuan yang berlaku;
  • Menyusun konsep naskah dinas yang berkaitan dengan bidang umum dan kepegawaian sesuai dengan pedoman dan peraturan yang berlaku untuk diajukan kepada atasan sebagai bahan pelaksanaan kegiatan;
  • Melaporkan kegiatan di bidang umum dan kepegawaian sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku untuk bahan pertimbangan pengambilan keputusan Sekretaris;
  • Mengajukan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris mengenai upaya pemecahan masalah yang berkaiyan dengan bidang tugas subbag umum dan kepegawaian bai secara lisan maupun tulisan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi bidang umum dan kepegawaian yang diberikan oleh Sekretaris.

 

 

Sub Bagian Perencanaan

Tugas Pokok :

Mengolah dan menyusun bahan perumusan kebijakan teknis melaksanakan kegiatan dan menyusun laporan di bidang perencanaan.

Fungsi :

  1. Pelaksanaan koordinasi internal di bidang perencanaan;
  2. Pengolahan dan penyusunan bahan perumusan kebijakan di bidang perencanaan;
  3. Penyusunan rencana kerja di bidang perencanaan;
  4. Penyelenggaraan kegiatan di bidang perencanaan;
  5. Penyusunan bahan laporan pelaksanaan tugas di bidang perencanaan;
  6. Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi di bidang perencanaan;
  7. Pelaksanaan tugas lain di bidang perencanaan yang diberikan oleh Sekretaris Badan.

Ruang Lingkup :

Meliputi penyusunan bahan koordinasi kegiatan internal, rencana pembinaan program/kegiatan, pelaporan satuan kerja, penyusunan rencana kebutuhan, rencana penataan kelembagaan Satuan Kerja Perangkat Daerah, tindak lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan dan pengolahan pengaduan masyarakat, mempersiapkan dan melakukan koordinasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang, Jangka Menengah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah, menyiapkan bahan dan memfasilitasi Forum SKPD serta Musyawarah Perencanaan Pembangunan, menyusun Rencana Strategis dan Rencana Kerja.


Uraian Tugas:

  • Menyusun rencana kerja subbag perencanaan berdasarkan sasaran dan program kerja tahunan Badan yang telah ditetapkan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  • Membagi tugas dan member petunjuk kerja kepada para staf secara lisan dan tertulis agar tugas-tugas yang dilaksanakan dapat dipahami secara baik dan benar;
  • Melakukan pengawasan kepada para staf dalam melaksanakan tugas baik secara preventif maupun represif untuk menghindari terjadinya kesalahan dan penyimpangan dalam pelaksanaan tugas;
  • Mengevaluasi pelaksanaan tugas staf dengan cara membandingkan antara hasil kerja yang dicapai degan rencana kerja yang telah dibuat untuk mengetahui tingkat kinerja yang dicapai;
  • Menyiapkan bahan pelaksanaan tugas bidang perencanaan berdasarkan petunjuk teknik dan pedoman yang berlaku untuk menghindari terjadinya kesalahan;
  • Melaksanakan penataan kearsipan bidang perencanaan yang ada untuk tertib administrasi;
  • Melaksanakan penyusunan bahan koordinasi kegiatan internal lintas bidang dengan instansi terkait agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai ketentuan yang berlaku;
  • Menyusun rencana kerja perencanaan, pengandalian, monitoring dan evaluasi program sesuai pedoman dan peraturan yang berlaku untuk diajukan kepada atasan sebagai bahan pelaksanaan kegiatan;
  • Menyusun konsep RENSTRA, RENJA, pelaporan yang meliputi penyusunan LAKIP, LPPD, Profil SKPD sebagai bahan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;
  • Menyusun konsep Penelitian dan Pengembangan ekonomi, fisik dan prasarana kinerja, pengumpulan data kinerja dan pelaporan WASKAT sesuai dengan pedoman dan peraturan yang berlaku sebagai bahan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;
  • Menyusun rencana kebutuhan barang yang dibutuhkan sesuai dengan pedoma dan peraturan yang berlaku agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai ketentuan yang berlaku;
  • Menyusun analisa beban kerja, analisis jabatan, SOP dan memfasilitasi pengembangan budaya kerja, sesuai dengan pedoman dan peraturan yang berlaku agar pelaksanaan tugas dapat berjala secara efisien dan efektif;
  • Menyusun konsep naskah dinas yang berkaitan dengan bidang perencanaan sesuai dengan pedoman dan peraturan yang berlaku untuk kelancaran tugas;
  • Melaporkan kegiatan di bidang perencanaan dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku untuk bahan pertimbangan pengambilan keputusan Sekretaris;
  • Mengajukan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris mengenai upaya pemecahan masalah yang berkaitan dengan bidang tugas perencanaan baik secara lisan maupun tulisan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi bidang perencanaan yang diberikan oleh Sekretaris.

 

 

Sub Bagian Keuangan

Tugas Pokok :

Mengolah dan menyusun bahan perumusan kebijakan teknis, melaksanakan kegiatan dan menyusun laporan di bidang keuangan.

Fungsi :

  1. Pelaksanaan koordinasi internal bidang keuangan;
  2. Pengolahan dan perumusan bahan perumusan kebijakan di bidang keuangan;
  3. Penyusunan rencana kerja di bidang keuangan;
  4. Penyelenggaraan kegiatan di bidang keuangan;
  5. Penyusunan bahan laporan pelaksanaan tugas di bidang keuangan;
  6. Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi di bidang keuangan;
  7. Pelaksanaan tugas lain di bidang keuangan yang diberikan oleh Sekretaris Badan.

Ruang Lingkup :

Meliputi teknis operasional administrasi keuangan (menyiapkan SPP LS barang dan jasa, UP/GU/TU/LS gaji dan tunjangan, verifikasi SPP dan administrasi keuangan lainnya), mempersiapkan Rencana Kerja Anggaran, dan Anggaran Perubahan, pelaporan keuangan, dan administrasi penganggaran, pembinaan teknis terhadap fungsi keuangan.

Uraian Tugas:

 

  • Menyusun rencana kerja subbag Keuangan berdasarkan sasaran dan program kerja tahunan Badan yang telah ditetapkan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  • Membagi tugas dan member petunjuk kerja kepada para staf secara lisan dan tertulis agar tugas-tugas yang dilaksanakan dapat dipahami secara baik dan benar;
  • Menyiapkan bahan pelaksanaan tugas bidang keuangan berdasarkan petunjuk teknik dan pedoman yang berlaku untuk menghindari terjadinya kesalahan;
  • Melaksanakan penataan kearsipan bidang keuangan yang ada untuk tertib administrasi;
  • Melaksanakan administrasi keuangan yang meliputi administrasi keuangan seperti kelengkapan SPP-LS, pengadaan barang dan jasa, SPP-UP, SPP-TU dan SPP-LS gaji serta tunjangan PNS sesuai pedoman dan peraturan yang berlaku agar pelaksanaan program kerja dapat berjalan secara efektif dan efisien;
  • Melakukan pengesahan SPJ sesuai dengan pedoman dan peraturan yang berlaku sebagai bahan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;
  • Melaksanakan pelaporan keuangan yang meliputi laporan keuangan, neraca, serta catatan atas laporan keuangan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Melaksanakan verivikasi administrasi keuangan sesuai dengan pedoman dan peraturan yang berlaku sebagai bahan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;
  • Melakukan penyusunan anggaran dan merealisasikannya sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai ketentuan yang berlaku;
  • Menyusun konsep naskah dinas yang berkaitan dengan bidang keuangan sesuai dengan pedoman dan peraturan yang berlaku untuk kelancaran tugas;
  • Melaporkan kegiatan di bidang keuangan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku untuk bahan pertimbangan pengambilan keputusan Sekretaris;
  • Mengajukan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris mengenai upaya pemecahan masalah yang berkaitan dengan bidang tugas keuangan baik secara lisan maupun tertulis sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi keuangan yang diberikan oleh Sekretaris



Selain pejabat Struktural tersebut diatas, dalam melaksanakan tugasnya Sekretaris Badan dan Kasubbag dibantu oleh para staf dengan uraian tugas sebagai berikut :

 

Pengadministrasi Umum Subbag Umum dan Kepegawiaan

  • Melaksanakan tugas sebagai Penyimpanan Barang;
  • Memberikan pelayanan informasi dan administrasi Pensiun;
  • Memberikan pelayanan informasi dan administrasi Taspen;
  • Memberikan pelayanan informasi dan administrasi Karis/Karsu;
  • Mengumpulkan dan menyusun Data Daftar Urutasn Kepangkatan (DUK);
  • Membantu atasan melakukan pengumpulan dan menyusun data jabatan;
  • Membantu atasan dalam menyusun rincian tugas pokok dan fungsi staf subbag umum dan kepegawaian;
  • Membantu atasan dalam menganalisis data jabatan berdasarkan pengelompokan tugas, kesesuaian syarat, hasil kerja dan waktu pelaksanaan tugas untuk merumuskan informasi jabatan;
  • Membantu Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) dalam melaksanakan tugas Verifikasi SPJ Bidang Sosbud dan Bidang Litbang;
  • Menyampaikan laporan kepada atasan sebagai bentuk pertanggungjawaban tugas secara berkala;
  • Membuat Draft Surat/Nota Dinas lainnya sesuai arahan dari atasan;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang berkaitan dengan tugas pokook dan fungsi Subbag Umum dan Kepegawaian yang diberikan oleh Kasubbag umum dan Kepegawaian.

 

Pengumpul dan Pengolah Data Subbag Umum dan Kepegawaian

  • Merekap absen pegawai Bappeda Kota Pontianak;
  • Menghimpun dan mengetik Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) Pegawai Negeri Sipil;
  • Mengusulkan kenaikan pangkat;
  • Mengusulkan kenaikan gaji berkala;
  • Mengagendakan rapat-rapat Kepala Bappeda pada papan acara;
  • Menyampaikan laporan kepada atasan sebagai bentuk pertanggungjawaban tugas secara berkala;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan.

 

Agendaris Subbag Umum dan Kepegawaian

  • Menerima, mencatat surat masuk dan surat keluar berdasarkan nomor, tanggal dan perihal surat kedalam buku agenda dan lembar disposisi berdasarkan ketentuan yang erlaku untuk diteruskan kepada atasan;
  • Mencatat agenda kegiatan peimpinan ke papan tulis berdasarkan kepentingan sebagai informasi bagi atasan;
  • Megirim surat keluar sesuai disposisi pimpinan;
  • Menerima, mencatat dan menyampaikan telepon yang masuk berdasarkan sifat dan jenis permasalahannya untuk dapat diteruskan kepada pimpinan;
  • Mengarsipkan surat masuk dan surat keluar;
  • Mengelola dan mengarsipkan berkas-berkas kepegawaian sesuai dengan file yang ada;
  • Mendata dan mengusulkan Satya Karya Satya (SLKS);
  • Memberikan pelayanan informasi dan administrasi ASKES;
  • Melaksanakan tugas sebagai Pengurus Barang;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan.

 

Caraka Subbag Umum dan Kepegawaian

  • Menerima obyek kerja (surat, undangan, buku, laporan kegiatan, rekening listrik dan telepon) yang telah dibukukan dalam buku ekspedisi untuk dikirim agar dapat diproses lebih lanjut;
  • Menyortir obyek kerja (surat, undangan, buku, laporan kegiatan, rekening listrik dan telepon) sesuai jenis dan ketentuan yang akan dikirim sesuai dengan wilayah tugasnya untuk mempermudah pengiriman pada pihak terkait;
  • Menghitung dan menyesuaikan alamat obyek kerja yang tercantum dalam buku ekspedisi untuk dikirim ke alamat yang dituju;
  • Membuat rencana perjalanan pengiriman obyek kerja sesuai peritah untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Meyampaikan / mengantar obyek kerja ke alamat yang dituju sesuai prosedur dan meminta tanda bukti penerimaan sebagai bahan laporan ke pimpinan;
  • Menyerahkan kembali buku ekspedisi dan tanda penerimaan obyek kerja pada ekspeditur sebagai bahan pertanggungjawaban;
  • Melaporkan pelaksanaan dan hasil kerja kepada atasan sebagai bahan evaluasi;
  • Membersihkan dan menyiapkan aula untuk kepentingan rapat-rapat dinas;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan

 

Operator Komputer Subbag Umum Kepegawaian

  • Membantu kasubbag Umum dan Kepegawaian dalam menyiapkan bahan dan peralatan kerja berupa Surat, Naskah Dinas, Dokumen Umum dan Kepegawiaan, bahan presentasi, dan Laporan kegiatan;
  • Menerima konsep surat / naskah dinas;
  • Menyiapkan undangan, daftar hadir, bahan dan konsumsi rapat;
  • Memelihara dan merawat computer dan perlengkapannya secara rutin dan kontinyu;
  • Memberikan pelayanan informasi dan administrasi Cuti Pegawai;
  • Mengumpulkan dan menyusun Data Bezeting Pegawai;
  • Merinci biaya untuk Perjalanan Dinas Pegawai;
  • Mengetik Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD)
  • Mengetik Surat Tugas;
  • Membantu atasan mengetik Surat Keputusan di bidang Umum dan Kepegawaian;
  • Menbantu atasan mengumpulkan dan menyusun berbagai informasi data keadaan pegawai serta struktur organisasi;
  • Mendata dan menyusun daftar pegawai yang akan mengikuti bimtek untuk kepentingan organisasi;
  • Menyampaikan laporan kepada atasan sebagai bentuk pertanggungjawaban tugas secara berkala;
  • Melaksanakan tugas sebagai Pembantu Bendahara;
  • Membuat Draft Surat/Nota Dinas Lainnya sesuai arahan dari atasan;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi subbag Umum dn Kepegawiaan yang diberikan oleh Kasubbag Umum dan Kepegawaian.

 

Operator Komputer Subbag Perencanaan

  • Membantu Kasubbag Perencanaan menyiapkan surat-surat / naskah dinas;
  • Membantu Kasubbag Perencanaan menyiapkan dokumen-dokumen Perencanaan;
  • Menyiapkan bahan-bahan presentasi untuk keperluan rapat / diskusi;
  • Menyiapkan laporan dan Tugas lainnya yang diberikan.

 

Pengumpul dan Pengolah Data Perencanaan

  • Menginventarisasi data-data dan peraturan-peraturan perundangan yang dibutuhkan, khususnya di subbag Perencanaan dalam rangka pelaksnaan semua program do kegiatan pada tahun berjalan;
  • Mencari dan menyediakan peraturan perundangan yang belum ada;
  • Mengumpulkan dan mengolah data rencana program dan kegiatan Bappeda tahun berikutnya;
  • Mengumpulkan dan mengolah data Pencapaian Kinerja Kegiatan Bappeda per Triwulan;
  • Mengumpulkan dan mengolah Data rencana Kerja SKPD untuk RKPD Kotaa Pontianak;
  • Mengumpulkan dan mengolah data untuk Penyusunan LAKIP, SPIP, LPPD dan Laporan Tahunan Bappeda;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik lisan maupun tertulis.

 

Bendahara Pengeluaran

  • Menyiapkan permintaan Dana (UP, GU, TU, LS) ke BPKAD Kota Pontianak agar pelaksanaan kegiatan  di lingkungan Bappeda Kota Pontianak dapat berjalan dengan lancar;
  • Membayar Belanja kegiatan di lingkungan Bappeda Kota Pontianak agar kegiatan Bappeda Kota Pontianak dapat berjalan dengan baik dan lancar;
  • Membuat Buku Kas Umum (BKU) sesuai dengan bukti-bukti transaksi yang terjadi agar laporan yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan;
  • Membuat surat-surat pertanggungjawaban (SPJ) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar laporan yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan;
  • Membuat rekap pajak (PPN, PPh 21, PPH 22, PPh 23) sesuai dengan peraturan yang berlaku agar laporan yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan;
  • Membuat register penutupan kas agar dapat mengetahui besaran dana yang telah terealisir;
  • Membuat berita acara pemeriksaan kas setiap 3 (tiga) bulan agar dana yang dikelola Bendahara pengeluaran dapat dikontrol oleh Pengguna Anggaran.

 

Bendahara Gaji

  • Membayar Gaji Pegawai Bappeda agar gaji yang dibayarkan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku;
  • Membayar tambahan penghasilan pegawai Bappeda (Kespeg dan Insentif) agar tambahan penghasilan pegawai dapat memotivasi pegawai untuk bekerja lebih giat;
  • Membuat Laporan Pajak Pajak  Pribadi (LP2P) agar Laporan Pajak dapat digunakan oleh pengguna data pajak;
  • Membuat Surat Keterangan untuk mendapatkan tunjangan (SKUM);
  • Mengoperasikan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) sesuai dengan Prosedur yang telah ditetapkan agar tugas yang diberikan dapat dilaksanakan dengan baik dan benar;
  • Memverifikasi bukti-bukti pengeluaran kegiatan di lingkungan Bappeda Kota Pontianak agar Dana yang dibayarkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • Melaksanakan tugas lain yang di berikan oleh atasan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan baik dan benar.

 

Staf Administrasi Keuangan

  • Memverifikasi bukti-bukti pengeluaran belanja kegiatan di lingkungan Bappeda Kota Pontianak agar dana yang dibayarkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • Memposting jurnal umum ke buku besar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar dapat menghasilkan laporan keuangan yang baik dan benar;
  • Membuat worksheet sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar dapat menghasilkan laporan keuangan yang baik dan benar;
  • Mengoperasikan Sistem informasi Pengelolaan keuangan Daerah (SIPKD);
  • Melaksanakan Tugas lain yang diberikan oleh atasan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan lancar;

 

 

----***----